Jumat 08 Dec 2017 15:20 WIB

Ribuan Lampion Iringi Malam Tahun Baru di Borobudur

Rep: fergi nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya terlihat dari Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/11).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Candi Borobudur dan kawasan sekitarnya terlihat dari Punthuk Setumbu, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ribuan lampion dengan catatan doa-doa kontemplasi diri direncanakan menghiasi awan Candi Borobudur di malam tahun baru mendatang. Acara bertema Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful akan menemani masyarakat dengan pengalaman merasakan malam pergantian tahun yang berkesan.

PT Taman Wisata Candi sebagai penggagas event menggelar perhelatan menghibur, hangat dan berkesan di malam tahun baru yang akan di selenggarakan di Candi Borobudur. Acara yang sudah digelar keempat kalinya ini dipomotori oleh Gathaya Event Organizer. Candi kebanggaan bangsa Indonesia yang sudah masuk ke dalam situs warisan dunia ini akan kembali menjadi perhelatan yang meriah dan menjadi pengalaman baru.

Direktur Utama PT. Taman Wisata Candi, Edy Setjiono mengatakan tujuan acara ini tidak lain untuk menjaga kesakralan dan ekosistem Candi Borobudur. "Acara ini sudah berjalan selama empat tahun. Kami merasa tahun ini kami ingin membuat acara yang lebih meriah, ujar Edy Setijono melalui pernyataan pers, Jumat (8/12).

Tahun ini Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful mengangkat empat pilar persembahan, yaitu Music, Art, Culture, dan Lantern. Menekankan unsur kearifan budaya lokal melalui kesenian, musik dan festival dengan makanan khas Indonesia. Keempat pilar itu bisa menjadi nafas utama acara ini.

 
Dengan nafas acara yang menggabungkan musik dan budaya, maka pengunjung yang datang akan disajikan berbagai acara yang kuat menggabungkan dua elemen tersebut. Mulai dari penampilan Fashion Karnaval oleh Gaharu Nusantara serta sajian musik dari Java Ensemble & Orchestra, dan bintang tamu Kevin and the Red Rose.

Rangkaian acara Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful akan dimulai pada pukul 17.00 WIB, dengan memakai beberapa area di Taman Wisata Candi Borobudur seperti Restoran Manohara, Area Lumbini dan Marga Utama. Harga tiket yang disiapkan oleh penyelenggara adalah: Platinum Rp 750 ribu, gold Rp 500 ribu dan Festival Rp 250 ribu.

 
Direktur Gathaya Event Organizer, Ayu Dyah Pasha mengatakan pengunjung yang datang diminta untuk melakukan hening sejenak sebelum merayakan keriaan tahun baru. "Hening sejenak sebagai kontempelasi melihat apa yang sudah kita lakukan di 2017. Acara ini juga akan dipimpin oleh lima pemuka agama, ujat Ayu.

Setelah hening sejenak, mendekati detik-detik pergantian tahun, para pengunjung nantinya akan diminta menulis wishes (doa-doa dan harapan), dan menerbangkannya bersama ribuan lampion. Proses hitung mundur menuju tahun baru akan sangat berkesan, dengan melibatkan pengunjung dalam penulisan wishes (doa-doa dan harapan) dan menerbangkannya bersama ribuan lampion yang akan dilepas secara bersamaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement