Sabtu 02 Dec 2017 14:20 WIB

9 Bahasa Ini Mudah Dipelajari Penutur Bahasa Inggris

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Penutur bahasa asing. Ilustrasi
Foto: Stylist
Penutur bahasa asing. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, VIRGINIA -- Mempelajari bahasa baru sangat bermanfaat dalam kehidupan, baik untuk memperluas wawasan, saat bepergian ke luar negeri, atau keperluan dunia kerja. Namun, bahasa apa yang sebaiknya dipelajari?

Sebagai jawaban, Foreign Service Institute (FSI) Amerika Serikat memeringkat puluhan bahasa yang ada di dunia. Laporan tersebut memberi gambaran kompleksitas bahasa dari yang termudah sampai tersulit.
 
Namun, perspektif tingkat kesulitan itu didasarkan pada referensi penutur bahasa Inggris. Hasilnya, terdapat sembilan bahasa yang dianggap mudah dipelajari oleh penutur bahasa Inggris.
 
Kategori pertama alias paling mudah dipahami antara lain bahasa Denmark, Belanda, Prancis, Italia, Norwegia, Portugis, Rumania, Spanyol, dan Swedia. Rata-rata penguasaan sembilan bahasa tersebut hanya sekitar 24 sampai 30 pekan.
 
Selanjutnya, kategori kedua yang sedikit lebih sulit membutuhkan waktu sekitar 36 pekan untuk dipelajari. Terdapat lima bahasa dalam kategori ini yaitu bahasa Jerman, Kreol Haiti, Melayu, Swahili, termasuk bahasa Indonesia.
 
Sementara, bahasa Hungaria, Finlandia, dan Polandia masuk dalam kategori ketiga yang biasanya bisa dikuasai setelah 44 pekan. Selain tiga bahasa tersebut, total terdapat 50 bahasa dalam klasifikasi tingkat kesukaran ini
 
Bahasa Arab, Cina, Jepang, dan Korea menjadi bahasa tersulit untuk dipelajari penutur Inggris. Estimasi penguasaan bahasa bagi mereka yang mempelajarinya diprediksi sekitar 88 pekan, dikutip dari laman Stylist.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement