Kamis 30 Nov 2017 18:36 WIB

Penggagas Ice Bucket Challenge Meninggal Dunia

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah orang di Thailand mengikuti tantangan ice bucket challenge untuk mengumpulkan simpati bagi penderita penyakit ALS.
Foto: EPA
Sejumlah orang di Thailand mengikuti tantangan ice bucket challenge untuk mengumpulkan simpati bagi penderita penyakit ALS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pria bernama Anthony Senerchia Jr menginspirasi hadirnya kampanye Ice Bucket Challenge ALS yang viral pada 2014 lalu. Namun akhirnya pria yang terkena penyakit ALS yang menyerang syaraf ini meninggal dunia di usia 46 tahun.

"Sikap positif Anthony dan semangat bertarung melawan penyakitnya ini berhasil mengalahkan ekspektasi dokter yang meramalkan hidup Anthony tidak lebih dari sepuluh tahun," dalam sebuah pernyataan kematian Anthony di laman E! News. "Jika kamu bertanya pada Anthony, dia akan mengaitkan hal ini karena cinta dan keinginannya untuk menemani putrinya Taya."

Dalam pernyataan tersebut melanjutkan bahwa Anthony memiliki sifat positif di mana dia akan mengatakan 'Bukan apa yang kita ambil dari kehidupan, tapi apa yang kita berikan pada orang lain yang pada akhirnya mendefinisikan siapa kita.'

Dengan pemikirannya tersebutlah Anthony membuat Anthony Senerevhia Jr ALS Charitable Foundation. Di mana dalam yayasan tersebut, orang yang melakukan ALS Ice Bucket Challenge membantu 150 proyek penelitian dan mendapat lebih dari 115 juta dolar US dalam waktu tiga pekan.

Selama 14 tahun Anthony berjuang dengan penyakit ALS tersebut. Kampanye Ice Bucket Challenge pertama kali dilakukan oleh sepupu istri Anthony, Chris Kennedy. "Apa yang kami mulai sebagai isyarat kecil untuk memberi senyum di wajah Anthony dan memberi kesadaran akan penyakit mengerikan yang kini berubah menjadi fenomena nasional. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah kami impikan," kata Kennedy seperti dikutip dari laman Time.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement