Kamis 30 Nov 2017 14:42 WIB

Perbedaan Cincin Tunangan Kate Middleton dan Meghan Markle

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Cincin pertunangan Meghan Markle.
Foto: EPA
Cincin pertunangan Meghan Markle.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pangeran Harry akhirnya resmi bertunangan dengan kekasihnya Meghan Markle. Tidak hanya momen pertunangannya, cincin yang disematkan Harry ke jari Markle juga mendapat perhatian dunia.

Pasalnya, cincin pertunangan yang diberikan Harry itu terinspirasi dari cincin pertunangan mendiang sang ibu, Putri Diana. Cincin Putri Diana itu kini tengah melingkar di jari manis Kate Middleton sebagai cincin pertunangan dari Pangeran William.

Lalu bagaimana perbandingan cincin pertunangan Meghan dan Kate? Dari segi batu, cincin pertunangan Meghan dirancang dengan susunan tiga batu. Dua diantaranya berukuran kecil mengapit kedua sisi satu batu berukuran besar yang terdapat di bagian tengah. Harry mendapatkan batu cincin besar itu dari Botswana, tempat kenangan masa kecilnya dengan Putri Diana.

Sementara itu, cincin pertunangan Kate terdiri dari batu sapphire seberat 12 karat. Batu berwarna biru itu juga dikelilingi oleh berlian kecil yang membentuk halo. Kesamaannya, kedua cincin pertunangan dibalut warna perak yang elegan.

Menurut E! News, harga cincin pertunangan Kate sekitar 47 ribu dolar AS atau setara Rp 611 juta. Sementara cincin pertunangan Meghan sedikit lebih mahal dibandingkan Kate dengan harga 66.750 dolar AS atau setara Rp 867,75 juta.

Cincin Kate dirancang oleh perancang perhiasan resmi kerajaan yaitu Garrad pada 1981. Sementara milik Meghan dirancang sendiri oleh Harry melalui sejumlah perusahaan seperti Cleave and Company, Court Jewellers dan perancang medali Ratu.

Dari sisi sejarah dan filosofi, kedua cincin ini sama-sama bersumber dari perhiasan milik mendiang Putri Diana. Cincin yang dipakai Kate merupakan cincin pertunangan milik Diana. Sementara dua batu kecil yang terdapat di cincin Meghan juga merupakan koleksi pribadi milik Diana.

Dengan memakai koleksi pribadi milik sang ibu, William dan Harry sama-sama berharap bisa selalu merasakan kehadiran ibu dalam setiap momen yang mereka alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement