Sabtu 25 Nov 2017 08:42 WIB

Syahrul Gunawan: Sekolah Harus Menyenangkan Buat Anak

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Syahrul Gunawan
Syahrul Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor dan model Syahrul Gunawan menilai penting membuat sekolah menjadi tempat menyenangkan bagi anak. Pendekatan ini akan membuat anak menjadi betah dan bersemangat untuk sekolah.

"Suatu kebanggaan dapat melihat anak setiap pagi semangat pergi ke sekolah," kata Syahrul pada acara hari ulang tahun ke- 10 KidZania Jakarta, di salah satu mal Jakarta, Jum'at (25/11).

Menurut Syahrul, selain peran orang tua, suasana sekolah juga perlu dibuat menyenangkan dan tetap mendukung kelebihan anak.  Hal itu ia rasakan pada anak keduanya.

"Meskipun di sekolahnya tidak ada textbook atau buku buku pelajaran yang banyak, namun kemampuan meningkat," lanjutnya.

Senada dengan Syahrul, model senior Arzetti Bilbina menyatakan bahwa pendidikan tidak harus monoton duduk di bangku, mendengarkan guru dan merasa takut ke sekolah karena banyak pr atau hal lainnya.

"Sekarang banyak yang membebaskan anak tidak menggunakan seragam ke sekolah. Dari rasa nyaman ini saja sudah membuat anak semangat ke sekolah," kata Arzetti dalam acara sama.

Arzetti tidak membuat anak merasa terpaksa untuk pergi ke sekolah. Meskipun sekolah di sekolah dwi bahasa, Arzetti menerapkan mindset bahwa setiap pergi sekolah akan bermain. "Setiap pagi saat menyiapkan anak sekolah, saya akan mengatakan selamat bermain pada anak," lanjut Arzetti.

Dengan membuat anak merasa nyaman, baik Syahrul maupun Arzetti yakin bahwa sekolah bukan menjadi tempat yang menakutkan bagi anak. Ketika hari Senin tiba, anak tidak lagi merasakan beban harus kembali lagi ke sekolah setelah libur akhir pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement