Jumat 24 Nov 2017 06:29 WIB

Cinta Kebersihan Jadi Penyatu The Changcuters

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
The Changcuters dalam acara Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur.
Foto: Republika/Dwina Agustin
The Changcuters dalam acara Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKALAN -- Grup musik The Changcuters sudah memiliki ketertarikan pada lingkungan sejak lama. Kegemaran mereka pada alamn, bahkan menjadi pendorong pembentukan band. Hanya saja, dulu mereka belum mendapatkan rekan yang bisa mewujudkan ketertarikan pada lingkungan.

Ketika mendapat tawaran dari Djarum Foundation untuk bergabung dalam program " Djarum Trees for Life", mereka pun tidak perlu berpikir lama. Cara tersebut menjadi penyalur ketertarikan untuk menjaga alam oleh kelima anggota yang terdiri dari Tria (vokalis), Qibil (backing vocal & gitaris), Alda (gitaris), Dipa (bassis), dan Erick (drummer).

"Salah satu yang menyatukan kita emang karena suka kebersihan dan kerapian," kata Tria dalam acara "Djarum Trees for Life - Menanam Trembesi 296 KM Lingkar Pulau Madura" di Alun-Alun Bangkalan, Jawa Timur.

Kebersihan dan kerapian merupakan hal yang bisa membuat mereka bersama. Dari yang awalnya sangat tidak suka dengan orang-orang yang suka buang sampah sembarangan, kemudia kelimanya menjadi teman satu grup.

Meski mengaku belum mengikuti komunitas lingkungan apa pun, mereka mencoba menerapkan cinta lingkungan dari hal terkecil. Contoh paling dasar dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika memang tidak terdapat tempat sampah, Tria yang mewakili teman lainnya menjelaskan, lebih baik mengantongi dulu.

Tria pun menceritakan, kadang dia merasa risau ketika permasalahan sampah yang terlihat mudah, namun, mudah diabaikan. Padahal dari sampah bisa menimbulkan masalah-masalah lain seperti penyakit dan bencana alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement