Senin 20 Nov 2017 10:22 WIB

Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Rep: MGROL 99/ Red: Indira Rezkisari
Meski mengenakan hijab, rambut yang tertutup membutuhkan perawatan juga.
Foto: Republika/Edwin Dwiputranto
Meski mengenakan hijab, rambut yang tertutup membutuhkan perawatan juga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan hijab bukan berarti menghalangi wanita untuk beraktivitas. Hanya saja banyak wanita mengeluhkan adanya masalah rambut akibat menggunakan hijab. Lalu bagaimana caranya wanita berhijab memiliki rambut indah dan sehat?

Dokter spesialis kulit, dr Sari Chairunnisa, SpKK  mengungkapkan biasanya wanita berhijab akan menguncir rambutnya ketika memakai kerudung. Pengikatan rambut inilah yang terkadang membuat wanita mengalami masalah rambut yakni kerontokan. Jadi sebaiknya saat selesai beraktivitas rambut harus digerai kembali.

“Karena kalau misalkan keterusan diikat kan istilahnya rambut menjadi ketarik ya, itu membuat rambut rontok. Jadi setelah selesai aktivitas sebaiknya rambut itu dibiarkan seperti semua atau di gerai,” ujarnya kepada Republika.co.id.

Menurutnya, menggunakan hijab dalam kondisi rambut basah juga perlu diperhatikan. Saat hendak mengenakan hijab usahakan kondisi rambut dalam keadaan benar-benar kering. Kondisi rambut yang basah akan menimbulkan potensi masalah rambut berketombe.

“Yang ditakutkan nantinya saat kondisi rambut basah atau lembab dapat menyebabkan kondisi minyak berlebih dan menjadi ketombe. Jika dirasa sulit bisa tukar waktu jadwal keramas, mungkin yang biasanya keramas pagi ditukar jadi sore setelah selesai kerja,” imbuhnya.

Untuk menjaga kesehatan rambut, lanjut dia, penting untuk mengenali jenis kulit kepala. Pahami apakah kulit rambut tergolong kering atau berminyak. Kemudian analisa permasalahan rambut seperti apa yang sering dihadapi. Hal ini akan memudahkan memilih solusi yang tepat untuk rambut. Misalkan permasalahan rambut adalah ketombe, maka gunakan produk sampo untuk mengurangi kondisi rambut berketombe tersebut.

“Perhatikan saja kulit kepala. Pokoknya sama seperti kulit wajah apakah berminyak atau kering, kemudian perhatikan juga permasalahan rambutnya. Langkah selanjutnya kita menjadi tahu harus menggunakan varian sampo apa yang tepat untuk kita,” katanya, saat ditemui seusai peluncuran Wardah Shampoo di Hotel Pullman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemudian, pilih juga dalaman kerudung atau orang biasa menyebut dengan ciput dari bahan yang mudah menyerap keringat. Karena keringat yang menumpuk bisa membuat rambut makin berketombe.

Yang terakhir dan yang penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah pola makan yang baik. Makanlah makanan yang sehat dan beragam seperti jenis sayuran dan buah-buahan. “Tidak ada makanan spesifik yang bia membuat rambut indah, paling makanan yang mengandung zinc. Pokoknya selama pola makannya seimbang pasti kulit kepala kita akan sehat."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement