Jumat 17 Nov 2017 03:42 WIB

5 Tips Makan Bagi Vegetarian Pemula

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Indira Rezkisari
Salad sayur, makanan vegetarian.
Foto: Max Pixel
Salad sayur, makanan vegetarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang tertarik untuk menjalani hidup sehat seperti mengonsumsi hanya sayur dan buah. Banyak yang beralih sebagai vegetarian karena melekatnya gambaran kekejaman hewan terhadap industri daging dan susu. Juga dengan dampak perubahan iklim yang menakutkan.

Namun banyaknya restoran yang menyajikan makanan dari hewan yang lezat serta berbagai macam resep membuat orang sulit beralih menjadi seorang vegetarian. Seorang dokter pemilik klinik dan pendidik diet nabati terkenal, dr Michael Klaper menyatakan bahwa vegetarian baik untuk kesehatan.

"Ada banyak manfaat vegetarian bagi kesehatan pribadi maupun bumi. Menerapkan pola makan nabati terbukti membuat saluran pencernaan bekerja dengan lebih baik," kata Klapper.

Dia menuturkan bahwa dengan diet nabati atau menjadi vegan tubuh akan menjadi lebih ramping dan lebih sehat. Selain itu arteri akan terbuka, tekanan darah menurun, diabetes hilang dan rasa sakit pada sendi akan berkurang. Berikut lima cara memulai sebagai vegan seperti dilansir pada laman HuffPost.

Niatkan Secara Penuh

Klapper menyarankan bahwa cara terbaik adalah menjalaninya dengan benar. Mulai dengan tantangan 30 hari.

"Bagaimanapun kerjanya, hal terbaik adalah memastikan untuk tidak kembali makan seperti cara lama. Anda bisa kembali seperti dahulu jika mau, namun coba untuk jujur selama sebulan. Kebanyakan orang merasa mereka menjadi lebih baik," kata Klepper. Dengan niatan penuh, Klapper mengatakan orang akan bereksperimen dengan resep nabati dan merasakan efek dari makanan vegan di tubuhnya.

Mulai dari Makanan Mudah

Menyiapkan makanan vegetarian dengan rasa yang lezat serta meniru rasa daging akan sulit di awal-awal. Untuk menghindari hal tersebut, Klapper menyarankan untuk memulai dengan masakan yang dapat mudah dibuat di rumah.

"Untuk sarapan pagi makan bubur dengan buah dan susu kedelai atau cukup dengan roti bakar dan selai. Sementara siang dan malam hari, bisa memakan salad dan sayuran segar seperti brokoli, sayuran hijau, dan ubi jalar. Anda juga dapat masak makanan hangat seperti sup, stew, dan kaserol dari biji bijian seperti beras, quinoa dan milet."

Klapper juga menyarankan untuk memasukan kacang-kacangan seperti buncis, kacang hijau dan lentil yang kata akan protein dan serat.

Siapkan Rencana dan Makanan

Untuk menghindari makanan non vegan, siapkan sendiri masakan. Pilih beberapa resep dan sesuaikan dengan selera. "Anda bisa masak setiap malam atau setiap tiga hari dan simpan di freezer. Mulai dengan satu porsi untuk tiga kali makan sehari dan dapat memperluas resep dari sana," kata Klapper.

"Pilihlah sup, rebusan atau kaserol dan buat di panci besar. Simpan makanan per porsi. Anda tidak perlu memotong dan memasak setiap waktu."

Tingkatkan Jumlah Porsi Jika Lapar

Saat beralih ke pola makan vegetarian, beberapa orang akan mengalami kelaparan. Hal ini disebabkan makanan vegan rendah energi. Jika merasa lapar, tambahlah porsi makanan vegetarian.

"Anda bisa menghabiskan empat mangkuk sayur sup. Makan bebas tanpa rasa bersalah," kata Klaper

Gabung dengan Komunitas

Dengan bergabung dengan komunitas vegetarian lokal atau menjadi pengikut blogger, vegetarian pemula dapat membaur diri bersama komunitas. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk tetap termotivasi dan menemukan resep lezat bahkan bertukan informasi mengenai restoran vegetarian setempat.

"Saat ini dengan semua alternatif nabati rasa daging, Anda tidak akan merindukan tekstur daging yang kenyal. Tidak ada pengorbanan dalam kepuasan rasa saat menerapkan pola makan vegan jika dilakukan dengan mudah."

Klapper menyarankan mencari resep vegetarian dari masakan tradisional dunia. Seperti masakan bergaya Italia, Cina, India timur dan Meksiko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement