Senin 13 Nov 2017 06:10 WIB

Cara Bakar Kalori Tiga Kali Lipat Saat di Kantor

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Suasana kantor. Ilustrasi
Foto: Reuters
Suasana kantor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bicara mengenai penurunan berat badan, musuh terbesar salah satunya adalah bilik kerja Anda sendiri. Di antara stres yang berhubungan dengan pekerjaan, makanan ringan yang mengandung gula dan lemak, serta duduk di kursi sepanjang hari, tidak mengherankan jika berada di kantor membuat Anda sedikit gemuk.

Anda tidak sendirian. Dalam sebuah survei tahun 2013, sekitar dua dari lima orang mengatakan bahwa mereka menambah berat badan karena bekerja di kantor. Lalu apa yang harus dilakukan oleh karyawan yang berpikiran sehat?

Dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health menunjukkan bahwa 15 menit aktifitas ringan adalah yang Anda butuhkan untuk mencegah penambahan berat badan. Dan hanya dibutuhkan satu perubahan kecil dalam rutinitas kerja Anda.

Peneliti dari Universitas Pittsburgh merekrut 74 sukarelawan sehat yang berada di usia pertengahan 20. Relawan diminta untuk duduk, berdiri, atau berjalan selama 15 menit dan menggunakan masker khusus yang dapat mengukur berapa kalori yang telah mereka bakar.

Mereka yang berjalan selama 15 menit membakar kalori tiga kali lebih banyak dari mereka yang duduk atau berdiri. Pekerja yang duduk atau berdiri selama 15 menit membakar sekitar 20 kalori, sementara pejalan kaki membakar kalori hingga 60 kali. Uniknya, mereka yang berdiri membakar kalori sama besarnya dengan yang berjalan.

Kesimpulan studinya seperti apa yang telah Anda ketahui: duduk seharian penuh dapat menyebabkan pelebaran pada lingkar pinggang anda. Di sisi lain, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa olahraga secara reguler bisa meningkatka mood anda, namun kini juga dapat meningkatkan kinerja di tempat kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement