Senin 25 Nov 2019 08:17 WIB

Cara Unik Membakar Kalori Tubuh

Air dingin hingga donor darah jadi cara unik bakar kalori.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Banyak minum membantu tubuh terhidrasi hingga membakar lebih banyak kalori.
Foto: wikipedia
Banyak minum membantu tubuh terhidrasi hingga membakar lebih banyak kalori.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Tidak semua orang suka berolahraga di gym. Tetapi berat badan merupakan sesuatu yang banyak dikhawatirkan.

Tubuh manusia yang sehat perlu menjaga keseimbangan dalam berat badan yang sesuai dengan beberapa faktor, termasuk usia. Jadi apa yang bisa dilakukan untuk memastikan tubuh terhindari dari kelebihan kalori?

Baca Juga

Berikut ini adalah beberapa cara unik yang membantu.

Terpapar dingin

Jika ingin membakar kalori, rasakan cuaca dingin. Ilmu pengetahuan mengungkapkan ketika suhu turun, metabolisme tubuh meningkat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal diabetes, mereka yang tidur di kamar yang didinginkan hingga 19 derajat membakar lebih dari tujuh persen lebih banyak kalori, daripada mereka yang tidur di kamar yang lebih hangat. Ini karena tubuh bekerja lebih keras untuk menaikkan suhu dan membakar kalori dalam prosesnya.

Minum air

Saat ingin menurunkan berat badan, kuncinya adalah tetap terhidrasi. Seperti yang dilansir dari Indian Express, Senin (25/11), para ahli mengatakan air meningkatkan metabolisme sementara (normal dan kelenihan berat badan) orang dewasa dan anak-anak.

Itu karena ketika tubuh menerima air dingin, ia mulai menghangatkannya sehingga dapat mencapai suhu tubuh normal dan meningkatkan laju metabolisme.

Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa memberi rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Aktivitas ini menekan dorongan rasa ingin makan sehingga sedikit mengurangi camilan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di masa lalu, mengunyah permen karet selama 20 menit setelah setiap kali makan meningkatkan tingkat metabolisme.

Tertawa

Tertawa dikatakan meningkatkan kesehatan mental dan fisik, juga membakar kalori dengan meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 10-20 persen. Studi tersebut dilakukan pada 45 pasangan yang dibuat untuk menonton film lucu dan serius.

Donor darah

Donor darah dapat membantu menghilangkan kalori. Ketika menyumbangkan darah, tubuh menggunakan energi untuk mengisi kembali protein, sel darah merah dan komponen lainnya sehingga membakar kalori dalam prosesnya.

Jelas donor darah bukan sesuatu yang dilakukan setiap hari. Namun dengan kegiatan tersebut akan sangat membantu tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement