Jumat 10 Nov 2017 22:25 WIB

Ibu Negara Ekuador Belajar Membatik

Kegiatan membatik/ilustrasi
Foto: Antara
Kegiatan membatik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ibu Negara Ekuador, Madame Rocio Gonzalez de Moreno belajar membatik yang dibantu Sri Pujiati, pembatik asal Pemalang, Jawa Tengah.

Dengan antusias, ibu negara Ekuator itu melihat pameran bertema Wonderful Indonesia di Festival Artesanias de Americana ke-15 di Cuenca, Ekuador yang berlangsung dari tanggal 1 November sampai 1 Desember mendatang.

Festival Artesanias de Americana ke 15 yang diadakan CIDAP (Centro Interamericano de Artesanias y Artes Populares) Indonesia mendapat kehormatan sebagai guest country dalam festival pameran budaya dan kerajinan tangan terbesar di kawasan Amerika, demikian Pensosbud KBRI Quito dalam keterangan yang diterima Antara London, Jumat (10/11).

Pembukaan festival dihadiri Menteri Industri dan Menteri Kebudayaan dan Warisan Budaya Ekuador, perwakilan dari Parlemen, Walikota Cuenca dan Direktur Eksekutif CIDAP serta Dubes RI Quito, yang memberikan sambutan sekaligus sebagai tanda dibukanya pameran Festival Artesanias de Americana ke-15.

Dubes Diennaryati Tjokrosuprihatono, malanjutkan acara pembukaan festival dengan upacara pengerukan tumpeng, yang diawali dengan memberikan informasi mengenai filosofi tumpeng, dilanjutkan pengerukan tumpeng dan memberikan tumpeng kepada tamu VIP.

Seusai upacara pengerukan tumpeng, undangan menuju museum melihat suguhan pameran yang bertemakan Wonderful Indonesia, Explore the Beauty of Indonesia memamerkan beragam benda seni dan budaya yang ada di Indonesia, mulai dari batik, songket, alat musik tradisional, wayang, topeng, ukir-ukiran Bali, bordiran, pakaian daerah hingga perhiasan khas Indonesia.

Pemerintah Kota Bandung juga ikut andil dalam pameran tersebut, dengan mengusung tema "The Tales of Bandung", memamerkan karya seni seperti keris antik yang berusia 80-200 tahun, dan informasi budaya khas kota Bandung dan dari berbagai daerah lainnya seperti Papua, Kalimantan, Makassar, dan Padang.

Selain pameran benda seni dan budaya dari Indonesia yang ada di museum CIDAP, festival juga diisi dengan bazar internasional benda-benda seni kerajinan tangan oleh seniman dari berbagai negara antara lain, Peru, Kolumbia, Venezuela, Chile, Argentina, Uruguay dan Jepang.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement