Kamis 02 Nov 2017 13:07 WIB

Busana Nasi Lemak Malaysia Tuai Protes Warganet

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Nasi lemak Malaysia.
Foto: Pixabay
Nasi lemak Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, PETALING JAYA -- Nasi lemak adalah makanan yang sangat populer di Malaysia. Bahkan, nasi lemak bisa dibilang sebagai ikon kuliner Malaysia.

Lalu apa yang terjadi ketika nasi lemak menjadi inspirasi sebuah busana? Apalagi jika busana itu dikenakan oleh Miss Universe Malaysia.

Perhelatan Miss Universe mensyaratkan perwakilan setiap negara tampil mengenakan kostum khas negaranya. Selasa (31/10) kemarin perwakilan Miss Universe Malaysia memamerkan kostum yang mengambil tema nasi lemak, kuliner khas negeri Jiran. Namun alih-alih mendapat pujian, kostum nasi lemak justru menuai protes dari kalangan desainer dan warganet.

Samantha Katie James rencananya akan mengenakan kostum itu untuk final Miss Universe ke-66. Gaun bertema nasi lemak dirancang oleh desainer Brian Khoo. Gaun tersebut berwarna kuning gading yang bertabur manik-manik sebagai penggambaran bentuk nasi.

 

Pada gaun juga disematkan aplikasi menyerupai sambal, ikan bilis, telur ceplok setengah matang, dan potongan timun. Dalam foto yang dipublikasikan, Samantha mengenakan busana itu dengan latar belakang daun pisang yang terbuat dari bahan sutra.

Warganet beramai-ramai merespons gaun nasi lemak yang dinilai aneh tersebut. "Mungkin gaun itu cocok untuk parade pesta kostum tapi bukan untuk kontes kecantikan," tulis warganet Napsiah Wan Salleh sebagaimana dilaporkan The Star.

Kritik juga meluncur dari perancang busana setempat, Hatta Dolmat. Ia mengaku tidak terkesan dengan gaun nasi lemak. "Bagaimana bisa mereka memilih baju itu untuk mewakili Malaysia di Miss Universe?" tulisnya di Instagram.

Pengguna Facebook bernama Chris Liang juga ikut berkomentar. "Ini mengecewakan. Tolong kembalikan baju tradisional dan buat Malaysia kembali bangga," tulisnya.

Direktur Nasional organisasi Miss Universe Malaysia Elaine Daly memberikan pembelaan. "Ini adalah kostum nasional yang ikonik. Kami punya orang-orang yang menyukainya dan ada juga yang tidak suka. Tahun lalu kita menampilkan Menara Petronas maka tahun ini giliran makanan ikonik nasi lemak," kata Elaine.

"Kami menyukainya dan tidak sabar untuk memamerkan," tambahnya. Elaine yakin bahwa Samantha, model keturunan Cina-Brazil, akan memberikan yang terbaik pada final Miss Universe.

Acara final akan dilangsungkan pada 26 November mendatang di Las Vegas.

Menurut sang desainer, Brian Khoo, nasi lemak digemari oleh penduduk Malaysia. "Busana tradisional tahun-tahun sebelumnya kurang mencerminkan Malaysia," ujarnya.

Brian menuturkan butuh waktu 400 jam untuk menjahit dan menyulam gaun nasi lemak secara manual. Gaun tersebut akhirnya diselesaikan dalam waktu sebulan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement