Rabu 01 Nov 2017 13:03 WIB

50 Pengemudi Becak Tes Kesehatan Jelang Pernikahan Kahiyang

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Becak. Ilustrasi
Foto: Republika/Yasin Habibie
Becak. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Puluhan pengemudi becak menjalani tes kesehatan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo pada Rabu (1/11) pagi. Tes kesehatan tersebut sebagai syarat sebelum bertugas mengantat para tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution 8 November mendatang.

Terdapat 50 pengemudi becak dari Paguyuban Becak Solo yang mengikuti cek medis oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Kota Solo.  Semua menjalani tes kesehatan secara keseluruhan dari fisik, tensi hingga cek gula darah.

"Kalau nanti (pengemudi becak) ada yang perlu pengobatan maka kita akan lakukan pengobatan bahkan billa perlu dirujuk ke puskesmas," tutur Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinkes Solo, Setyowati.

Hartono, salah satu pengemudi becak Solo yang antusias menjalani tes kesehatan. Dia berharap bisa lolos tes tersebut, sehingga dapat menjadi salah satu pengemudi becak yang ambil bagian dalam hajatan besar keluarga Jokowi.

Pada 2015, Hartono juga jadi salah satu pengemudi becak yang dipercaya Keluarga Jokowi untuk mengantarkan tamu undangan pada pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Kala itu, ungkapnya, tiap pengemudi becak mendapat imbal jasa sebesar Rp 150 ribu. Selain memperoleh uang saku dari Keluarga Jokowi, kata dia, para tamu undangan yang diantarnya juga kerap memberikan tip dengan nominal besar.

"Sekarang belum tahu berapanya (imbal jasa antar tamu). Tapi katanya nanti disiapkan seragam juga, mudah-mudahan tesnya lolos," katanya.

Pada pernikahan Kahiyang dan Bobby nanti, para pengemudi becak akan membantu tamu undangan menuju lokasi pernikahan di Gedung Graha Saba.

Para pengemudi becak ini ditempatkan di lokasi parkir tamu undangan yang berada di Lapangan Banyuanuar dan Lapangan Sumber. Selain becak, tamu undangan juga dapat menghunakan shuttle bus yang telah disiapkan panitia untuk menuju lokasi pernikahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement