Jumat 27 Oct 2017 13:41 WIB

6 Keterampilan Penting yang tidak Didapat di Bangku Kuliah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Karyawan. ilustrasi
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Karyawan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidikan adalah hal penting, tetapi tidak menjamin segalanya. Laman Business Insider mendaftar sederet keterampilan krusial yang tidak bisa didapatkan lewat bangku kuliah dan pendidikan formal saja, tetapi membutuhkan kursus atau pengalaman organisasi.

Wawancara kerja

Tidak sedikit lulusan baru yang gagal dalam wawancara kerja di perusahaan yang mereka inginkan. Meski seseorang memenuhi kualifikasi untuk satu posisi, ia tetap perlu memperhatikan hal lain seperti isi resume pekerjaan dan sikap selama tes wawancara.

Membangun jaringan

Terkadang dunia kerja tidak mementingkan apa yang diketahui seseorang, tapi luasnya jaringan. Mengenal banyak orang dan membangun jaringan sangat penting dalam karier, apalagi untuk mengejar pekerjaan impian yang diidamkan.

Manajemen waktu

Manajemen waktu kerap diterapkan selama berkuliah, tetapi tidak ada pedoman pakem untuk mengelolanya secara efisien. Pengaturan waktu yang tepat sangat penting karena seseorang harus menyelesaikan pekerjaan tanpa mengorbankan waktu berharga dengan keluarga.

Mengelola uang

Pengelolaan keuangan pribadi tidak bisa disepelekan begitu saja, apalagi bagi seseorang yang bertanggung jawab menafkahi keluarga. Selalu cermati arus pemasukan dan pengeluaran bulanan, juga sisihkan gaji untuk ditabung demi masa depan.

Etika mengirim surel

Mengirim surel atau email selama kuliah mungkin hanya terbatas pada tugas atau proyek mahasiswa. Begitu memasuki dunia profesional, sejumlah etika saat mengirim surel perlu diperhatikan karena seseorang membawa nama perusahaan tempatnya bekerja.

Negosiasi

Negosiasi adalah kunci paling utama dalam kesuksesan karier. Calon karyawan membutuhkannya untuk mendiskusikan soal gaji, dan karyawan yang sudah tergabung dalam perusahaan memerlukan keterampilan itu saat jumpa klien atau untuk jenjang karier.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement