Rabu 25 Oct 2017 18:18 WIB

'Formula' Kebahagiaan Einstein Laku Rp 21 Miliar

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Albert Einstein
Foto: ist
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSSALEM -- Siapa yang tidak mengetahui sosok Albert Einstein. Bukan hanya dikenal sebagai seorang yang cerdas, dia juga diketahui sebagai filosofis unggul.

Banyak buah pemikiran Einstein yang diadopsi hingga kini. Belakangan, pemikiran penemu rumus relativitas ini dijual dalam sebuah lelang di Jerusalem.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (25/10) pemikiran pemenang nobel itu menuliskan catatan tentang tips kebahagian. Catatan diatas secarik kertas itu lantas diberikan Einstein kepada seorang kurir di Jepang. Saat itu, pria berdarah Jerman itu tengah menghadiri tur edukasi.

Einstein sebenarnya ingin memberikan uang tips kepada sang kurir. Namun dirinya tidak memegang nominal yang cukup untuk diberikan kepada kurir. Alih-alih diberi uang, Einstein, yang mengetahui dirinya baru saja memenangkan gelar nobel fisika lantas memberikan catatan tersebut. Dia berkata kepada sang kurir 'Jika kau beruntung, catatan itu akan memiliki harga tinggi'.

Ucapan Einstein agaknya benar terjadi. Dalam lelang tersebut, catatan yang diberikan kepada kurir pada tahun 1922 itu laku terjual 1,56 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 21 miliar.

Melengkapi catatan, Einstein juga membubuhkan tanda tangan miliknya serta cap hotel imperial Tokyo. Disertai tulisan "kehidupan yang tenang dan sederhana memberi jauh lebih banyak kebahagiaan dari pada mengejar kesuksesan yang selalu membawa kegelisahan."

Sementara, catatan kedua bertuliskan 'Saat ada kemauan di situ pasti ada jalan'. Catatan itu terjual dengan harga 240 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 3,2 miliar. Pelaku pelelangan mengatakan, harga jual kedua catatan itu jauh melebihi harga yang dipatok. Dia mengatakan, pembeli ingin indentitasnya dirahasiakan. Penjual catatan itu dikabarkan keponakan dari si kurir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement