Senin 23 Oct 2017 05:43 WIB

Enam Cara Atasi Jet Lag Menurut Pramugari

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Jet Lag. Ilustrasi
Foto: Bussines Insider
Jet Lag. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Penat terbang alias jet lag bisa mengganggu liburan atau perjalanan bisnis. Untuk mengatasinya, berikut enam cara yang disarankan Nadia Clinton, pramugari senior maskapai Delta Air Line yang berkantor pusat di Atlanta, Georgia, AS.

Sesuaikan waktu

Mengatur jam tangan ke zona waktu yang berlaku di tempat tujuan disebut Clinton sangat penting. Secara psikologis, cara itu membantu pikiran beralih ke tempat destinasi dan apa yang akan segera dilakukan saat mendarat nanti.

Jaga ritme tubuh

Clinton menganjurkan penumpang untuk menjaga ritme tubuh dengan tetap terjaga selama penerbangan siang hari dan tidur di malam hari. Cara tersebut akan menghindarkan penat dan membuat penumpang merasa segar setelah tiba di tujuan.

Hindari kopi

Penumpang mungkin tergoda untuk minum kopi, tapi air jernih adalah pilihan yang lebih tepat. Minum banyak air putih akan membuat tubuh terhidrasi dan pikiran lebih fokus, selain efektif mengusir kepenatan yang bisa datang akibat jet lag.

Jangan makan berat

Makanan berat, terutama di siang hari, bisa menyebabkan kemerosotan energi di sore hari dan membuat jam tubuh kurang sinkron. Usahakan mengasup menu yang lebih ringan jika ingin menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Olah raga

Berolahraga sebelum perjalanan jauh adalah cara bagus untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi begitu mendarat. Cara ini amat dianjurkan bagi pelancong yang bepergian untuk perjalanan bisnis atau akan menghadiri pertemuan penting.

Matikan ponsel

Matikan ponsel, tablet, dan laptop agar bisa beristirahat dan menikmati perjalanan. Untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu baru, sangat penting memberi kesempatan bagi diri sendiri tanpa gangguan gawai yang memicu rasa lelah dan grogi,dikutip dari laman Standard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement