Jumat 13 Oct 2017 22:10 WIB

Studi Ungkap Kondisi Mengejutkan Mesin Kopi Kamar Hotel

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mesin kopi di hotel. Ilustrasi
Foto: tripadvisor
Mesin kopi di hotel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Kemewahan sebuah kamar hotel tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat kebersihan perabotan di dalamnya. Hal itu terungkap melalui sebuah penelitian oleh Universitas Valencia di Kota Valencia, Spanyol.

Tim penelitian secara spesifik menilai kebersihan satu perangkat di sejumlah kamar hotel, yakni mesin pembuat kopi. Studi tersebut mengumpulkan sampel limbah kopi dari sembilan mesin Nespresso yang telah digunakan sedikitnya selama satu tahun.

"Hasil studi mengungkapkan adanya kumpulan bakteri yang bervariasi di semua mesin yang diambil sampelnya. Keragaman bakteri cukup signifikan, dengan jumlah yang teridentifikasi berkisar antara 35 sampai 67," tulis tim periset, dikutip dari laman Express.

Laporan tersebut mengatakan bahwa cara pencucian standar wadah mesin kopi justru memicu pertumbuhan bakteri. Sangat perlu untuk sering merawat wadah mesin karena bakteri dengan sifat patogen cepat menyebar saat pembilasan.

Penulis merekomendasikan untuk membersihkan mesin kopi menggunakan cuka tiap beberapa bulan sekali untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Sebab, bertentangan dengan pendapat umum, air panas saja ternyata tidak cukup.

Bukan hanya mesin kopi yang harus diwaspadai, tetapi juga ketel pemanas air di kamar hotel. Pasalnya, studi sama menunjukkan bahwa tidak sedikit tamu hotel yang memanaskan air di ketel untuk mencuci dan 'mensterilkan' pakaian kotor mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement