Kamis 12 Oct 2017 13:32 WIB

16 Cara Ilmiah Agar Mudah Disukai Orang (3)

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wanita mengobrol (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Wanita mengobrol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk sebagian orang, membuat orang lain, terutama yang baru dikenal, langsung menyukai Anda mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Bila merasa kesulitan, cara-cara berbasis penelitian ilmiah ini mungkin bisa Anda terapkan.

Berdasarkan studi khusus yang dilakukan para ilmuwan setidaknya terangkum 16 cara yang dapat membuat orang lain mudah menyukai Anda. Sebagian kiat-kiat ini sudah dipaparkan dalam artikel pertama dan kedua.

Berikut artikel lanjutan 16 cara ilmiah agar Anda mudah disukai orang lain seperti dikutip dari Time:

11. Berbagi rahasia

Pengungkapan jati diri bisa menjadi salah satu teknik membangun hubungan yang baik.  Sebuah studi gabungan beberapa universitas memasangkan beberapa mahasiswa untuk saling mengenal selama 45 menit. Mereka diperintahkan untuk mengajukan pertanyaan personal. Di akhir penelitian, menunjukkan bahwa orang yang mengajukan pertanyaan lebih personal akan membangun hubungan yang lebih dekat dibandingan dengan mereka yang hanya mengajukan pertanyaan yang biasa-biasa saja.

Teknik tersebut dapat Anda gunakan dalam menjalin hubungan dengan orang baru. Mungkin Anda bisa mengajukan pertanyaan personal yang ringan terlebih dahulu. Seperti "film apa yang terakhir kamu tonton?"  Bila Anda berbagi informasi intim dengan orang lain, mereka cenderung merasa lebih dekat dengan Anda dan akan bercerita lebih banyak ke depannya.

12. Tunjukkan Anda bisa menyimpan rahasia

Dua percobaan yang dilakukan beberapa universitas menemukan bahwa orang memberi nilai tinggi dalam suatu hubungan jika bisa saling mempercayai.  

Seperti yang dikatakan oleh Suzanne Degges-White dari Universitas Northern Illinois di PsychologyToday.com: "Kepercayaan terdiri dari beberapa komponen, termasuk kejujuran, ketergantungan, dan kesetiaan, dan sementara masing-masing penting untuk hubungan yang sukses, kejujuran dan ketergantungan merupakan hal yang paling penting dalam menjalin hubungan."

13. Tunjukkan selera humor

Penelitian dari Universitas Illinois dan Univeristas California menemukan bahwa, terlepas dari apakah orang berpikir tentang teman ideal atau pasangan romantis mereka, rasa humor adalah hal yang sangat penting.  Studi lain menemukan bahwa menggunakan humor saat pertama kali mengenal seseorang dapat membuat orang itu lebih menyukai Anda. Dalam penelitian tersebut membuktikan bahwa melucu dapat meningkatkan daya tarik seseorang.

14. Biarkan mereka berbicara tentang diri mereka sendiri

Dalam sebuah penelitian, seseorang diminta duduk di mesin fMRI dan menanggapi pertanyaan tentang pendapat mereka sendiri atau pendapat orang lain. Peserta diminta membawa teman atau anggota keluarganya ke tempat percobaan, yang menunggu luar ruang mesin fMRI.  Dalam beberapa kasus, peserta diberi tahu bahwa tanggapan mereka akan dibagikan dengan teman atau saudara. Dalam kasus lain, tanggapan mereka akan tetap bersifat pribadi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah otak yang terkait dengan motivasi dan penghargaan sangat aktif saat peserta berbagi informasi secara terbuka. Namun juga aktif saat mereka berbicara tentang dirinya sendiri tanpa ada yang mendengarkan. Dengan kata lain, membiarkan seseorang berbagi cerita atau cerita tentang kehidupan mereka dan bukannya mengoceh tentang diri Anda sendiri, bisa memberi mereka lebih banyak kenangan positif akan interaksi bersama Anda.

15. Peka

Pada sebuah tulisan di PsychologyToday.com, Jim Taylor dari Universitas San Francisco berpendapat bahwa keterbukaan emosional dapat menjelaskan mengapa dua orang saling cocok. Namun Taylor mengakui bahwa keterbukaan emosional tentu saja disertai risiko yang membuat diri Anda rentan untuk disalahpami. Namun demikian, pada penelitian lain dikatakan bahwa ekspresivitas dan keterbukaan merupakan ciri yang diinginkan dan penting dalam sebuah hubungan yang ideal.

16. Bersikaplah seakan Anda menyukai orang tersebut

Psikolog telah menemukan sebuah fenomena yang disebut "timbal balik dari keinginan (reciprocity of liking)". Yakni Ketika kita berpikir seseorang menyukai kita, kita cenderung menyukai mereka juga.

Dalam sebuah penelitian pada 1959 yang dipublikasikan di Human Relations, para peserta diberi tahu bahwa beberapa anggota kelompok diskusi mungkin menyukai mereka.  Anggota kelompok ini dipilih secara acak dalam sebuah eksperimen. Setelah diskusi, para peserta menunjukkan bahwa orang yang paling mereka sukai adalah orang-orang yang seharusnya menyukainya.

Baru-baru ini, para periset di Universitas Waterloo dan Universitas Manitoba menemukan bahwa ketika kita mengharapkan orang menerima kita, kita bertindak lebih hangat terhadap mereka. Sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa mereka benar-benar akan menyukai kita. Jadi, bahkan jika Anda tidak yakin apakah orang yang berinteraksi dengan Anda menyukai Anda, bersikaplah seperti Anda menyukai mereka dan mereka mungkin akan menyukai kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement