Jumat 06 Oct 2017 14:01 WIB

Punya Anak Selebgram? Lindunginya Seperti Cara Ibu Moonella

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Moonella Sunshine Jo, anak di balik akun Instagram populer @babymoonella.
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Moonella Sunshine Jo, anak di balik akun Instagram populer @babymoonella.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki seorang anak adalah anugerah terindah bagi setiap orang tua. Karenanya, tidak heran orang tua khususnya ibu-ibu muda ingin berbagi pengalamannya tersebut melalui media sosial seperti Instagram. Para orang tua ini biasanya mengunggah foto maupun video anak dengan berbagai tingkah dan pose yang menggemaskan.

Dari kebiasaan ini, tidak jarang si anak pun yang akhirnya menjadi selebgram. Namun, tanpa disadari sebenarnya ada bahaya lain yang mengancam anak. Sebab banyak anak yang belakangan menjadi korban pelecehan seksual.

Ibu dari selebgram anak @babymoonella, Merry Inggraiany, memiliki cara tersendiri agar anaknya terlindung dari bahaya pelecehan. Menurut ibu dari balita bernama Moonella Sunshine Jo ini, hal pertama yang harus diperhatikan saat mengunggah foto atau video anak yaitu pakaian dan caranya berpose.

"Aku tetap memperhatikan pakaian dan gaya foto Munel (sapaan akrab Moonella), yang penting tetap sopan dan penampilannya terlihat baik," ujar Merry, Kamis (5/10), di Kemang, Jakarta.

Selain itu, saat mengunggah tingkah lucu si kecil, Merry tidak menampilkan informasi terkait lokasi atau pun menggunakan aplikasi berbagi lokasi ke sembarang orang. Untuk menghindari penculikan, Merry juga tidak menyebutkan informasi mengenai Munela terlalu banyak dan detail di hadapan publik. Misalnya seperti tempat anaknya bersekolah.

Sebagai orang tua dari anak yang menjadi selebgram dengan pengikut lebih dari 862 ribu akun, Merry menyadari banyak orang yang ingin mendekat dengan anaknya. Untuk itu, Merry selalu waspada dan mendampingi Munela ke mana pun ia pergi. Tidak lupa, Merry menanamkan kepada anaknya agar selalu menjaga diri dari orang yang tidak dikenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement