Selasa 03 Oct 2017 16:13 WIB

Festival Baturrajazz Hadirkan Barry Likumahuwa

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Indira Rezkisari
Barry Likumahuwa
Foto: Antara
Barry Likumahuwa

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Baturraden Jazz Festival atau yang dikenal sebagai ajang Baturrajazz, akan kembali digelar. Acara yang diselenggarakan Komunitas Pemuda Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas untuk ketiga kalinya ini, akan digelar pada 21 Oktober 2017 di Bukit Bintang, Baturaden, Kabupaten Banyumas.

''Pada tahun ketiga penyelenggaraan Baturrajazz ini, kami akan mendatangkan musisi jazz papan atas. Bintang tamu yang kami hadirkan adalah Barry Likumahua,'' jelas Koordinator Baturrajazz, Prayitno, Selasa (3/10).

Selain musisi yang memiliki nama lengkap Elseos Jeberani Emanuel Likumahuwa, Prayitno menyebutkan, panggung di Bukit Bintang juga akan menghadirkan sederet musisi jazz dari tuan rumah dan tamu yang akan menunjukkan kepiawaannya bermain musik. Mereka terdiri dari kelompok band AbsurdNation dari Semarang, Jess Kidding, Staccato, serta Brian and The Juno dari Purwokerto.

Menurutnya, Baturrajazz sejak awal digagas dengan niat yang sederhana, yaitu menyuarakan semangat muda melalui musik dan mengubah secara perlahan citra negatif yang selama melekat di kawasan wisata Baturraden. Hal ini karena bagi wisatawan lokal, obyek wisata Baturraden sering dilekatkan dengan adanya Gang Sadar yang merupakan lokasi prostitusi.

''Kami berharap, melalui pegelaran jazz yang rutin diselenggarakan di Baturraden, bisa secara perlahan mengikis citra buruk tersebut,'' jelasnya.

Menurutnya, dalam perhelatan tahun ini, pihaknya akan berusaha memberi kemasan terbaik dan penampil yang berbeda dari Baturrajazz tahun-tahun sebelumnya. ''Kami juga melibatkan pelaku seni muda dari kalangan mahasiswa untuk menggarap panggung dan ornamen venue. Sehingga audiens dapat menikmati suasana Bukit Bintang di malam hari. Harapannya, Baturrajazz makin Domak Ting-ting, Jazz!'' katanya.

Sebagai referensi, Prayitno menyebutkan, Barry Lukumahuwa yang lahir di Jakarta, 14 Juni 1983 ini, dikenal sebagai seorang bassist. Barry juga sudah tampil di berbagai negara dengan membawa aliran funk jazz dan berkolaborasi dengan musisi jazz kelas dunia. ''Selama ini dia sudah menelorkan sejumlah album serta menggarap beberapa jazz project. Selain itu. Barry Dia juga selalu enerjik pada setiap penampilannya,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement