Jumat 29 Sep 2017 12:09 WIB

Ini Jawara Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya beribicara di Rakornas III Pariwisata.
Foto: Kemenpar
Menteri Pariwisata Arief Yahya beribicara di Rakornas III Pariwisata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salah satu point yang menarik dari puncak Rakornas Pariwisata III, 26-27 September 2017 adalah lomba desain. Malam Wonderful Indonesia Tourism Award 2017 itu semakin berkualitas dengan layar LED yang menampilkan desain Restoran Nusantara. 

"Keren, ada sentuhan arsitektur Nusantara, bahan-bahan yang mudah didapat di 10 Top Destinasi itu. Hasilnya bagus-bagus, silakan dipakai, dimodifikasi, disesuaikan, dan menjadi inspirasi dalam mendesain restoran," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui siaran persnya. 
Sayembara ini merupakan kerja sama antara Kementerian Pariwisata, PT Propan Raya, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. Sebagai pelaksana dan pendukung adalah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). 
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sayembara ini diselenggarakan untuk mendukung pengembangan amenitas (fasilitas) pariwisata sebagai salah satu dari 3 aspek pengembangan pariwisata (3A) yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.
"Salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pengembangan destinasi pariwisata adalah ketersediaan restoran. Dalam pengembangan destinasi pariwisata, peran serta masyarakat menjadi hal penting untuk diwujudkan dalam rangka menjadikan mereka Tuan Rumah di Negerinya Sendiri," kata Menpar Arief Yahya usai penyerahan hadiah. 
Menpar Arief Yahya melanjutkan, sayembara ini juga memberikan kesempatan bagi para arsitek di seluruh Indonesia untuk turut memajukan Restoran Nusantara, sekaligus memberikan solusi kepada Kemenpar untuk mengembangkan kawasan wisata dengan desain yang terbaik mendukung program pengembangan 10 destinasi wisata di Indonesia yang diprioritaskan oleh Pemerintah. 
"Ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat di 10 destinasi wisata prioritas untuk memiliki usaha restoran yang dapat menarik kunjungan para wisatawan," kata Menpar Arief Yahya. 
PT Propan Raya memang secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Tercatat, sudah empat kali PT Propan Raya menyelenggarakan sayembara Arsitektur Nusantara, yaitu Sayembara Desain Rumah Budaya Nusantara (2013), Sayembara Desain Desa Wisata Nusantara (2014), Sayembara Desain Bandara Nusantara Alor (2015),  dan Sayembara Desain Homestay Nusantara (2016). Pada penyelenggaraan yang kelima ini, PT Propan Raya mengusung tema Sayembara Desain Restoran Nusantara (2017).
“Sejak tahun 2013, PT Propan Raya secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Kami sadar, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya. Di titik inilah kami ingin memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa melalui Arsitektur Nusantara. Harapannya, masyarakat Indonesia semakin mencintai dan menghargai budaya bangsa,” ucap Founder dan President Director PT Propan Raya, Hendra Adidarma.

Dalam sayembara ini diisi oleh dewan juri yang kompeten seperti Yori Antar (Ketua Tim Juri) dengan tim juri di antaranya Hari Santosa Sungkari (Bekraf) Harryadi Sukamdani (Ketua BPP PHRI) Joko Suyono (STP Bandung) Anneke Prasyanti (praktisi) Eko Alvarez (Praktisi) dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata). Adapun total hadiah yang diberikan mencapai Rp 1 miliar.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement