Jumat 22 Sep 2017 17:30 WIB

Serangan Lebah di Kualanamu Tunda Penerbangan Pesawat

Rep: Issha Harruma/ Red: Endro Yuwanto
Lebah Madu
Lebah Madu

REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatra Utara, mendadak heboh, Jumat (22/9). Pesawat Citilink yang terparkir di apron Kualanamu 'diserang' ribuan lebah dan menyebabkan kepanikan.

Branch Communication and Legal Manager Kualanamu Wisnu Budi Setianto mengatakan, ribuan lebah tersebut menempel di bagian sayap kanan pesawat. Namun, belum diketahui secara pasti penyebab fenomena alam ini.

"Sejauh ini kami belum dapat memastikan atau belum dapat mengetahui penyebab ujung sayap kanan dari pesawat Citilink dikerubungi lebah," kata Wisnu, Jumat (22/9).

Wisnu mengatakan, fenomena tersebut baru pertama kali terjadi di bandara Kualanamu. Pihak maskapai pun telah melaporkan 'serangan' lebah madu itu kepada PT Angkasa Pura (AP) II. "AP II merespon dengan baik laporan dimaksud dan langsung membersihkan pesawat Citilink tersebut," ujar dia.

Akibat kejadian ini, penerbangan pesawat tersebut sempat tertunda selama 90 menit. Penundaan ini untuk pembersihan lebah di bagian sayap pesawat. Pesawat Citilink tujuan Batam, Kepuluan Riau, itu pun akhirnya bisa diterbangkan pukul 14.28 WIB.

"Kejadian dimaksud berdampak pada penundaan jadwal penerbangan Citilink selama 1,5 jam. Saat ini, Citilink telah kembali normal dan sudah bisa terbang kembali," kata Wisnu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement