Senin 18 Sep 2017 12:00 WIB

Pramugari Lebih Senang Layani Penumpang Kelas Ekonomi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pramugari (ilustrasi)
Foto: EPA/Gero Breloer
Pramugari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi pramugari merupakan salah satu pekerjaan paling menantang di dunia. Mereka terlihat anggun dan menyenangkan tetapi di balik itu semua ternyata pekerjaan mereka tak mudah. Apalagi jika harus berhadapan dengan penumpang kelas bisnis atau eksekutif.

Dalam sebuah kuisoner yang dilakukan Quora, ditemukan jika pramugari ternyata lebih senang melayani penumpang kelas ekonomi. Simpulan itu didapatkan ketika pertanyaan "jika tidak ada perbedaan dalam gaji akan lebih memilih untuk bekerja ekonomi, bisnis dan kelas satu?" dilontarkan.

"Maskapai pertamaku adalah operator layanan penuh dan sangat menegangkan untuk bekerja di bisnis atau kelas satu," kata Nurlia Mazlan yang bekerja untuk Air Asia dikutip dari Indy100, Senin (18/9).

Ketegangan itu berasal dari latar belakang penumpang kelas bisnis atau kelas satu. Biasanya, mereka merupakan sosok dibalik meja paling tinggi dalam sebuah perusahaan. Bandingkan dengan kelas ekonomi yang lebih beragam. Terlebih lagi, di kelas tersebut rata-rata diisi oleh mayoritas masyarakat umum yang sedang berpergian.

Selain itu, ternyata melayani penumpang bisnis dan kelas satu cukup merepotkan pramugari. Setelah melakukan prosedur rutin seperti memberikan pengumuman, melayani kebutuhan konsumsi, mereka dapat tenang beristirahat. Akan sangat berbeda kondisinya jika penumpang yang dilayani dari bisnis dan kelas satu.

"Tidak ada waktu untuk beristirahat karena Anda harus dapat melayani setiap penumpang setiap menit penerbangan dan pastikan Anda masih membuat semua pengumuman yang dibutuhkan pada waktu yangtepat," kata mantan pramugara Heather Wilde.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement