Rabu 13 Sep 2017 14:42 WIB

Keindahan Panorama Indonesia Hiasi Bus-Bus Paris

Bus Wonderful Indonesia di Paris.
Foto: kemenpar
Bus Wonderful Indonesia di Paris.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS - Wonderful Indonesia unjuk gigi lagi di Kota Paris, Perancis. Sebanyak 16 Bus Open Tours siap mewarnai kota yang terkenal dengan lanskap Menara Eiffelnya itu mulai tanggal 12 September hingga 9 Oktober 2017, mendatang.

Bus-bus itu akan di-branding Wonderful Indonesia, mirip ketika Euro cup tahun lalu. Saat itu bus pariwisata di Eropa dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan Tanah Air.

Ke-16 bus tur terbuka di Paris akan menampilkan dekorasi gambar-gambar indah pemandangan Indonesia seperti Candi Borobudur, penari-penari Bali, komodo yang langka, Danau Toba yang indah di Sumatra Utara, kecantikan Raja Ampat, dan senyum orang Indonesia yang penuh Pesona.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyadari, biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak merosot.

 

"Sesungguhnya berat, karena brand itu harus dijaga, terus dinaikkan value-nya dengan promosi. Tentu, untuk itu perlu budget, kita harus tetap kreatif mencari momentum yang pas dan lokasi yang tepat," jelas Arief Yahya.

 

Menyiasati budget, Menpar Arief melakukan co-branding, mencari momentum dan memilih media promosi yang pas. Bus, trem, kereta, taksi, public transportation yang bergerak ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.

 

Branding bus-bus di Paris itu, menurutnya, akan memberi umpan kepada masyarakat Prancis untuk bahan bermain di medsos. "Sangat efektif. Wonderful Indonesia jadi makin dibicarakan publik di dunia nyata dan dunia maya. Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan ‘senjata’ untuk posting dan menjadi viral di digital," katanya.

 

Mantan Dirut Telkom itu memang tak asal bicara. Tahun lalu, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Prancis ke Indonesia meningkat 19,8 persen dibandingkan dengan 2015. Dari 209.466 orang, naik menjadi 250.921 wisman. Angka ini melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata yang membidik 250 ribu orang di 2016.

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana mengatakan, bus bertingkat yang berkeliling kota Paris menjadi sarana mempromosikan Wonderful Indonesia kepada masyarakat Perancis dan juga wisatawan yang berkunjung ke Paris.

 

"Promosi ini akan menunjukkan dan mengkomunikasi tentang keindahaan alam Indonesia dan kebudayaan ramah tamah bangsa Indonesia, kita harus terus tampil elegan dan di tempat-tempat yang vital," ujar Pitana di Jakarta, Selasa (12/9).

 

Sementara itu, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis yang dipimpin Eka Moncare mengatakan, bulan September akan penuh dengan aktivitas untuk mempromosikan Wonderful Indonesia dalam skala pemasaran penuh B to B dan B to C dalam rangka menjaring target wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

 

Eka juga menjelaskan, Prancis merupakan pasar sangat potensial untuk Indonesia. Dengan penduduk 66 juta orang, Indonesia merupakan salah satu negara favorit bagi orang Prancis.

 

"Tahun ini Indonesia menjadi salah satu dari lima negara pilihan orang Prancis. Apalagi sekarang, tidak diperlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia selama 30 hari maksimum, minat mereka meningkat luar biasa," ujar Eka.

 

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement