Senin 11 Sep 2017 10:07 WIB

Tips Alami Merawat Rambut

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Rambut adalah mahkota yang harus dirawat agar selalu sehat dan menunjang penampilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehilangan rambut hingga 50-100 helai sehari masih normal tapi ada lagi yang menjadi perhatian. Bahan kimia yang keras dalam sampo dan produk perawatan rambut lainnya lebih merusak daripada memperbaiki rambut Anda, jadi jangan lupa untuk mengoleskan beberapa minyak pada rambut Anda sekali seminggu.

Seperti dilansir dari laman The Indian Express, Managing Director Soulflower Sonia Mathur yang juga pakar kecantikan di Harvest Harvest dan Swati Kapoor, salah satu pendiri SoulTree, Amit Sarda, telah mengungkap beberapa cara alami untuk menyelamatkan rambut Anda antara lain.

Meminyaki rambut adalah suatu keharusan. Itu harus dilakukan minimal seminggu sekali. Minyak kelapa adalah yang terbaik untuk digunakan pada rambut. Minyak menembus dengan baik di dalam batang rambut dan mencegah rambut kehilangan kelembaban dengan bertindak sebagai sealant. Ini lebih membantu dalam kehilangan protein. Akibatnya, rambut cenderung tak mudah rusak dan tetap padat serta sehat. Ini juga memiliki sifat anti bakteri yang melindungi rambut dari infeksi bakteri dan jamur.

Rosemary Lavender dalah minyak efektif lainnya yang telah terbukti khasiatnya dalam mengendalikan rambut rontok dan secara bertahap membangunnya kembali ke pertumbuhan sehat. Ini memiliki formulasi organik kelapa, amla, olive, jojoba, minyak jarak dan lavender yang merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Minyak ini memperkuat akar rambut yang lemah, memperbaiki perpecahan, dan merawat rambut keriting tipis kembali ke kesehatan.

Katakan tidak untuk sampo kimia. Pilih sampo dengan bahan aktif organik. Bahan seperti ekstrak bit, biji asam jawa atau ekstrak akar rumput Kunai membersihkan kulit kepala Anda secara efektif tanpa membahayakannya.

Kondisioner tidak hanya meningkatkan kilau tapi juga memperkuat kunci dan membuatnya terlihat sehat dan mulus. Pilih kondisioner yang sesuai dengan rambut, kalau tidak Anda akan kecewa dengan hasilnya. Gunakan kondisioner yang memiliki bahan seperti Aqua, ekstrak Beetroot, protein Keratin dan Pro vitamin B5 yang memberikan lapisan pelindung yang menghasilkan pengayaan rambut.

Gunakan hanya air suam-suam kuku atau air hangat untuk mencuci rambut Anda. Air panas bisa menyebabkan kerusakan parah pada kulit kepala Anda, memperlemah folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok.

Perhatikan apa yang Anda makan. Kebiasaan buruk makanan ditambah dengan stres akan mengakibatkan rambut rontok. Makanlah diet seimbang. Diet kaya protein membantu mengurangi kerontokan rambut.

Panas dalam bentuk apapun buruk untuk rambut. Hindari penggunaan pengering rambut atau alat penataan lainnya atau gunakan semprotan atau krim pelindung panas sebelum menggunakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement