Sabtu 09 Sep 2017 16:07 WIB

Misi Vina Panduwinata Kolaborasi dengan Musisi Muda

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Endro Yuwanto
Penyanyi Vina Panduwinata menyanyikan lagu-lagu hits-nya pada Konser September Ceria
Foto: Prayogi/Republika
Penyanyi Vina Panduwinata menyanyikan lagu-lagu hits-nya pada Konser September Ceria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Vina Panduwinata tampil bersama sejumlah musisi muda dalam konsernya di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (8/9) petang. Ia menyatakan, ada misi khusus yang sengaja diusung melalui kolaborasi musik lintas genre di acara "September Ceria with Vina Panduwinata" tersebut.

"Lewat lagu, saya mencoba menghargai musik generasi muda saat ini. Bila kita mau dihargai, terlebih dahulu harus menghargai orang lain," ungkap Vina yang memulai karier musik dengan membuat rekaman di Jerman Barat pada akhir 1970-an.

Diva 58 tahun itu menggandeng penyanyi Hedi Yunus, Rian D''Masiv, Citra Scholastika, Sarah Panjaitan, DJ Goeslann, Icez Buzz, dan pemain drum Ikmal Tobing dalam konsernya. Keterlibatan mereka menghadirkan berbagai gaya unik, mulai dari lagu yang disulap jadi versi rock hingga irama musik dansa elektronik (EDM).

Kolaborasi tersebut cukup mengejutkan, terutama saat mendengar lagu "Logika", "Wow", "Burung Camar", dan "Surat Cinta" diberi nuansa musik EDM. Diiringi drum dan perkusi musik elektronik, Vina pun harus mengimbangi dan menyesuaikan nada dan gaya bernyanyinya, mengingat tempo lagu yang dibuat jauh lebih cepat.

"Lumayan ngos-ngosan. Pertama agak bingung juga bagaimana nyanyinya. Setelah itu Alhamdulillah bisa beradaptasi dengan gaya bermusik mereka," ujar musisi yang dijuluki "si burung camar" itu berseloroh.

Meski begitu, ciri khas gaya bernyanyi Vina sama sekali tidak hilang. Belasan lagu lain tetap dibawakan dengan karakter panggungnya yang selama ini dikenal, membuat penonton bernostalgia mendendangkan berbagai //hit// seperti "Kumpul Bocah", "Cinta", "Di Dadaku", dan "September Ceria".

Perempuan yang sering disapa Mama Ina itu juga mengajak rekan penyanyinya di grup Rumpies, Atiek CB, naik panggung dan spontan menyanyikan lagu "Nurlela". Penonton dibuat bersorak riuh-rendah dengan hadirnya penyanyi Reza Artamevia serta saat menyimak kiriman video amat menyentuh dari Harvey Malaihollo.

"Saya beruntung dikelilingi orang-orang yang menyayangi dan juga sangat saya sayangi. Terima kasih kedatangannya untuk semua yang hadir, semoga hari ini membawa keceriaan untuk September Anda," ujar Vina, mengakhiri tiga jam lebih konsernya dengan lagu "Aku Makin Cinta".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement