Rabu 06 Sep 2017 12:29 WIB

Rahasia Bepe Pertahankan Stamina dan Kondisi Fisik

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Bambang Pamungkas
Foto: Republika/Desy Susilawati
Bambang Pamungkas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usia yang semakin mendekati kepala empat tidak membuat stamina pesepak bola Indonesia Bambang Pamungkas surut. Sosok yang dikenal publik dengan nama kecil Bepe itu punya rahasia untuk selalu menjaga semangat dan kondisi fisiknya.

"Hidup sehat, jaga pola makan, pola istirahat, dan pola pikir. Itu yang penting bagi saya untuk bisa tetap aktif," kata pria kelahiran Semarang, 10 Juni 1980 itu pada acara Media Gathering Nivea Men di Morrissey Hotel, Jakarta.

Selama puluhan tahun menjadi olahragawan, Bepe tentunya tidak awam dengan kebiasaan sehat dan aktif bergerak. Sampai saat ini, pemain klub Persija Jakarta bernomor punggung 20 itu pun rata-rata melakoni latihan fisik dua kali sehari.

Bepe juga amat disiplin mengenai jam istirahat karena telah bertahun-tahun terbiasa melakoninya. Setelah pulang dari berkegiatan, latihan, atau pertandingan, mata dan tubuhnya otomatis akan mengistirahatkan diri.

Terkait pilihan makanan, Bepe mengaku tidak pernah berpantang atau mengatur apa yang harus dimakan. Bepe menyukai segala jenis makanan dan sangat hobi berwisata kuliner, yang sering ia tunjukkan lewat salah satu akun Instagram miliknya, @thenekatchef.

Suami dari Tribuana Tungga Dewi itu juga mahir memasak berbagai menu, baik hidangan pembuka, utama, sampai penutup. Meski jago masak dan mengaku doyan makan dalam porsi besar, Bepe mengatakan, tetap ada saat-saat tertentu dirinya lebih cermat soal makanan bernutrisi.

"H-1 (pertandingan) saya biasanya jaga makan. Selain di waktu itu, saya tidak begitu saklek. Bisa kulineran di mana pun, makan apa pun, selama saya nyaman dan tidak membuat overweight," ungkap ayah tiga anak itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement