Selasa 05 Sep 2017 11:08 WIB

Perusahaan Ini Daur Ulang Sabun untuk Amal

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Sabun batangan (ilustrasi).
Foto: wkp.maluke.com
Sabun batangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika menginap di hotel, para tamu kerap tidak menggunakan sabun batang yang disediakan sampai habis. Lalu, akan di bawa ke manakah sisa-sisa sabun itu?

Dikutip dari Travel and Leisure, Perusahaan berbasis di Orlando, AS, Clean the World siap menampung sisa sabun tersebut untuk memproduksi sabun baru. Sabun-sabun yang digunakan tidak pernah menyentuh tempat pembuangan. Hal ini dapat menjaga kelestarian lingkungan sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sejumlah hotel bahkan menggunakan jasa Clean the World untuk mengambil sisa sabun yang tak digunakan. Clean the World juga bekerja sama dengan perusahaan seperti Unilever untuk menerima sabun batang yang tak layak jual. Gudang Clean the Wolrd berada di India, Amerika Serikat, Hong Kong, dan Kanada. Sabun-sabun yang diterima akan dicairkan dan dibentuk kembali menjadi sabun baru. Sabun-sabun itu kemudian dikemas dan dikirimkan untuk kegiatan amal di seluruh dunia.

Clean the World berhasil membuat tujuh juta batang sabun dan 400 ribu alat kebersihan pada 2016. Tak hanya sabun, perusahaan itu juga bisa mengolah sisa shampoo, sabun cair, dan kondisioner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement