Selasa 07 Feb 2023 13:32 WIB

Masuk ke Kamar Mandi, Ini 5 Hal yang Sering Diperhatikan Tamu Anda

pa yang menjadi perhatian para tamu ketika masuk ke kamar mandi Anda?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kamar mandi. Ada beberapa hal yang tamu perhatikan saat masuk ke kamar mandi Anda. (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Kamar mandi. Ada beberapa hal yang tamu perhatikan saat masuk ke kamar mandi Anda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar mandi merupakan salah satu ruang terpenting di rumah. Di luar dasar-dasar menjaga kamar mandi tetap bersih dan bebas kuman, apa yang menjadi perhatian para tamu ketika masuk ke kamar mandi Anda secara langsung?

Jawabannya mungkin akan mengejutkan. Namun, pakar interior memberi tahu beberapa hal yang diperhatikan tamu saat menggunakan kamar mandi. Berikut rinciannya:

Baca Juga

1. Pencahayaan

Satu detail yang mungkin tidak diperhatikan, namun tamu akan melihatnya adalah pencahayaan kamar mandi. Cahaya memainkan peran besar dalam persepsi tamu tentang rumah.

"Apakah gelap dan suram atau lapang dan terang, memberikan kesan mengundang yang membuat ingin 'tinggal' lebih lama?," ujar perancang rumah di situs web real estate Opendoor, Yasmine El Sanyoura.

2. Aroma

Bagaimanapun, ini adalah kamar mandi. Akan menjadi tanggung jawab pemilik rumah apakah aromanya seperti sebotol pemutih atau spa yang tenang. "Tambahkan diffuser, lilin, atau sesuatu seperti penyegar udara untuk memastikan aromanya ramah, terutama setelah sesi pembersihan intensif bau," kata El Sanyoura menyarankan.

3. Atasi sesuatu yang berantakan

Apakah Anda ingin tamu melihat pisau cukur tergeletak di samping sikat gigi? Tidak hanya itu, meski kamar mandi bersih, sesuatu yang berantakan bisa membuatnya tampak buruk.

"Apakah meja rias kamar mandi penuh dengan produk, sikat rambut, dan bola kapas? Jika tamu sering menggunakan kamar mandi utama saat berkunjung, siapkanlah wadah yang baik untuk menyimpan benda-benda tersebut,” kata pendiri dan CEO Christy B Home, Christy Biberich.

Barang-barang yang digunakan setiap hari, seperti kuas makeup atau penyeka kapas, dapat disimpan di atas meja. Namun dengan penataan yang menarik dalam wadah pajang dapat membuatnya terasa seperti bagian dari desain ruangan.

4. Detail dekoratif

Para tamu juga akan memperhatikan detail kecil. Ini termasuk tambahan seperti bunga segar, cermin menarik, dan handuk dengan warna serasi, yang dapat menghidupkan kamar mandi serta membuatnya terasa lebih mengundang dan bergaya. "Kamar mandi adalah tempat yang tepat untuk bereksperimen dengan aksesori rumah, dan tamu akan menyadari jika ada beberapa di antaranya yang dipajang," kata El Sanyoura. Stark mengatakan, detail kecil seperti karya seni atau tanaman dapat mengatur tone keseluruhan ruangan.

5. Kebersihan

Siapa yang tidak memperhatikan kamar mandi yang kotor? Anehnya, pemilik rumah mungkin tidak menyadarinya, karena itu adalah sesuatu yang Anda lihat setiap hari dan hampir "kebal" terhadapnya. Tempat terbesar yang mungkin terlupakan adalah toilet.

"Para tamu akan menyadari  toilet memiliki noda kotor di dalamnya atau jika bagian belakang dudukan toilet dipenuhi debu dan helaian rambut hitam yang membuat orang muntah," kata CEO dan pendiri situs review produk Clever Canadian, Hannah Sanderson.

Hal semacam itu bisa terjadi di kamar mandi yang sudah terbengkalai selama satu atau dua pekan. El Sanyoura merekomendasikan untuk memperhatikan detail kecil yang mungkin tidak terlalu terpikirkan.

"Apakah handuk tangan dan keset kamar mandi kotor dan lembap? Apakah keran air tertutup kerak? Bagaimana dengan keliling toilet? Detail ini membuat perbedaan. Jadi, pastikan kamar mandi rapi sebelum menerima tamu. Area lain yang perlu dipertimbangkan untuk dibersihkan termasuk sakelar lampu, lantai, shower, dan gagang pintu," ujar El Sanyoura.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement