Rabu 30 Aug 2017 07:57 WIB

Penjualan Tiket Film Box Office Capai Titik Terendah

Rep: reja irfa widodo/ Red: Esthi Maharani
hollywood
Foto: visitingdc.com
hollywood

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Mengakhiri pekan kedua Agustus, Pendapatan sejumlah film box office keluaran Hollywood menurun. Bahkan, rekor pendapatan berdasarkan penjualan tiket pun mencapai titik terendah pada akhir pekan lalu, hanya sekitar 65 juta dolar AS. Angka ini menjadi yang terendah sejak 16 tahun silam, atau sekitar September 2001 silam.

Angka itu merupakan total penjualan tiket dari 12 film yang berada di daftar Box Office. Seperti dilansir Time, Selasa (29/8) WIB, salah satu faktor terjadinya kondisi ini lantara tidak adanya film baru yang dirilis di sepanjang pekan kedua Agustus.

Secara historis, pertengahan Agustus hingga awal September memang menjadi masa-masa sulit untuk sejumlah film-film box office mendapatkan pendapatan dari penjualan tiket. Seperti yang terjadi pada 2014 dan 2016 silam. Namun, angkanya tidak pernah serendah pada saat ini. Pendapatan tahun ini pun menurun sebesar 35 persen dibanding tahun lalu, pada periode yang sama.

Pada saat ini, film bergenre action-comedy Hitman's Bodyguard, yang dibintangi Samuel L Jackson dan Ryan Reynolds, berada di urutan pertama daftar film box office Hollywood. Film ini hanya mampu mencatatkan keuntungan penjualan tiket sebesar 10,1 juta dolar AS.

Sementara film Anabelle Creation berada di posisi kedua, dengan raihan pendapatan mencapai 7,4 juta dolar as. Pekan ini adalah pekan ketiga film tersebut tayang di bioskop. Secara total, Anabelle Creation telah menghasilkan pendapatan mencapai 77,9 juta dolar as.

Menurut analis senior media dari ComScore, Paul Dergarabedian, kondisi saat ini memang yang terburuk jika melihat hasil pendapatan pada tahun lalu. Namun, Paul optimis, pendapatan ini akan meningkat kembali seiring dengan diluncurkannya film-film baru, terutama yang diproduksi oleh studio-studio besar asal Hollywood.

''Ini mungkin menjadi pukulan yang telak buat Hollywood, tapi bukan pukulan yang mematikan. Jangan salah tentang hal ini, mungkin memang tidak ada yang bisa ditawarkan bioskop pada akhir pekan ini. Tapi, jalan cerita ini akan berubah dalam dua pekan mendatang, saat film-film baru benar-benar diluncurkan,'' ujar Paul seperti dikutip The Guardian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement