Senin 28 Aug 2017 04:20 WIB

Ekstrovert Hamburkan Lebih Banyak Uang Beli Barang Mewah

Rep: Christiyaningsih/ Red: Andri Saubani
Pejalan kaki menyeberang di distrik perbelanjaan mewah di Ginza, Jepang.
Foto: EPA
Pejalan kaki menyeberang di distrik perbelanjaan mewah di Ginza, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Orang-orang berkarakter ekstrovert menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli barang mewah dibandingkan orang introvert. Kesimpulan ini didasarkan pada studi yang telah dipublikasikan di jurnal Psychological Science.

Dilansir dari laman The Indian Express akhir pekan lalu, penelitian menggunakan data akun bank di Inggris. Peneliti mencatat pengeluaran golongan kaya dan menengah dengan berbagai tipe kepribadian.

Orang-orang yang berpenghasilan rendah sering memikirkan soal status sosialnya di masyarakat. Oleh karena itu persentase golongan ini dalam membelanjakan uang demi barang mewah lebih banyak daripada yang penghasilannya lebih tinggi.

"Kepribadian memberi pengaruh penting bagaimana seseorang mengelola keuangan dalam jumlah yang terbatas," kata seorang peneliti dari University College London, Joe Gladstone. Ia berharap hasil riset ini bermanfaat untuk mengetahui keterkaitan antara kepribadian dengan masalah kesulitan finansial seseorang.

Sebelumnya sudah ada penelitian yang menyimpulkan bahwa orang yang bersosialisasi lebih banyak akan semakin memperhatikan status sosialnya. Studi terakhir membuktikan dalam level penghasilan yang sama, ekstrovert lebih boros belanja barang mahal daripada introvert.

Penelitian ini melibatkan bank multinasional yang berbasis di London. Nasabah disodori pertanyaan mengenai kepribadian kemudian jawabannya dicocokkan dengan transaksi bank. Studi ini menganalisis ribuan transaksi bank dari 718 nasabah dalam setahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement