Kamis 17 Aug 2017 12:43 WIB

Audrey Hepburn Hampir Mati Kelaparan Saat Perang Dunia II

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Patung lilin Audrey Hepburn.
Foto: EPA
Patung lilin Audrey Hepburn.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Audrey Hepburn telah lama dirayakan sebagai ikon mode yang ahli meniru gaya adibusana terbaik yang dibuat oleh perancang Prancis Hubert de Givenchy. Namun, ada rahasia gelap di balik sosoknya yang terkenal itu.

Anak laki-lakinya Luca Dotti mengatakan kepada People, dikutip Kamis (17/8), bahwa Hepburn selamat dari kelaparan selama Perang Dunia II, yang diyakini keluarganya mungkin telah menyebabkan dia kurus.

Bintang film tersebut, yang merupakan anak pebisnis Belanda dan ayah Inggris yang meninggalkan keluarga saat ia baru berusia 6 tahun, berjuang untuk bertahan di Belanda ketika Jerman menduduki negara tersebut, yang dimulai saat berusia 11 tahun. "Menjelang akhir perang, dia sangat dekat dengan kematian," jelas Dotti.

"Dia selamat dengan makan jelatang dan umbi tulip dan air minum untuk mengisi perutnya. Beratnya hanya 39 kilogram. Dia menderita penyakit kuning dan edema. Dia menderita anemia seumur hidupnya, mungkin sebagai konsekuensinya. Dia seumuran Anne Frank dan kemudian berkata, 'itu adalah gadis yang tidak berhasil dan saya melakukannya'. Suaranya akan retak, dan matanya akan penuh dengan air mata."

Sepanjang masa dewasanya Hepburn memiliki berat 49 kilogram. Christies yang sedang mempersiapkan pelelangan pertama dari beberapa koleksi pakaian pribadinya untuk keluarga, harus memesan manekin dengan pinggang 22 inci.

Aktor Robert Wolders, pasangan romantisnya dari tahun 1980 sampai kematiannya pada tahun 1993, menambahkan bahwa Hepburn tidak melakukan diet. Dia menikmati berolahraga agar tetap sehat, namun juga dengan senang menikmati cokelat.

"Kami akan berjalan bermil-mil. Dia bisa mengungguli saya," kenangnya. "Dia memiliki metabolisme yang sehat, tapi dia tidak berlebihan. Dia tidak pernah berkata, 'saya harus melakukan lima mil hari ini.' Dia tidak diet. Kami makan roti cokelat dengan selai untuk sarapan, makan siang akan berupa ayam atau sapi atau pasta, sering dengan sayuran dari kebun, dan untuk makan malam kami sering makan sup dengan ayam dan sayuran. Dia akan makan cokelat setelah makan malam, memanggang cokelat. Dia punya satu atau dua jari scotch di malam hari. "

Selama tahun-tahun terakhir hidupnya Hepburn tetap aktif melalui kegiatan amalnya. New York Times  sebelumnya melaporkan bahwa Hepburn dinobatkan sebagai duta besar khusus untuk UNICEF, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada tahun 1988. Dia membuat beberapa film, namun sering berkeliling dunia untuk mengumpulkan uang dan kesadaran akan organisasi tersebut.

Aktris ini meninggal dunia pada usia 63 tahun pada 1993 karena kanker.

Dotti, bersama dengan anak laki-lakinya yang lain, Sean Ferrer, saat ini bekerja dengan Christie untuk pelelangan yang sangat dinanti yang menampilkan barang berharga ibu mereka, yang akan berlangsung di London pada tanggal 27 September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement