REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut nama GenPI (Generasi Pesona Indonesia) dan GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) bakal menjadi andalan promosi pariwisata Indonesia. Mereka adalah anak-anak muda yang terus mempromosikan Wonderful Indonesia melalui media sosial.
Mereka juga akan mempromosikan bersama Co Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Kini, brand yang akan melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia semakin banyak. Salah satunya Dapur Solo.
Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan kuliner dipilih menjadi alat promosi karena memiliki keragaman dan potensi besar yang dapat memikat wisatawan berlibur ke Indonesia.
Founder Dapur Solo, Swan Kumarga mengaku sangat antusias sekali bisa bekerja sama dengan Kemenpar. Dia juga akan menyandingkan brand Dapur Solo dengan Brand Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia disetiap box makanan, serta alam promosi lainnya yang diproduksi dapur Solo.
 Swan menjelaskan latar belakang berdirinya Dapur Solo yang sudah dirintisnya sekitar 30 tahun lalu. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus anak yang masih kecil waktu itu, tidak memungkinkan dia untuk bekerja di luar rumah. Berkat saran suami untuk usaha di rumah akhirnya dia kemudian berjualan juice dan rujak.
Swan menjelaskan latar belakang berdirinya Dapur Solo yang sudah dirintisnya sekitar 30 tahun lalu. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus anak yang masih kecil waktu itu, tidak memungkinkan dia untuk bekerja di luar rumah. Berkat saran suami untuk usaha di rumah akhirnya dia kemudian berjualan juice dan rujak.“Dengan bermodalkan sebuah brosur sederhana tulisan tangan dan sebuah sepeda ontel milik kami waktu itu, saya menyebarkan selebaran tersebut ke rumah-rumah tetangga. Usaha yang sangat sederhana ini saya mulai di garasi rumah kami pada tahun 1988, pendapatan dari Rp 3.000,-/ hari kian hari kian bertambah. Karena kecintaan saya akan kuliner Jawa terutama Solo asal kota kelahiran saya, saya kemudian menambahkan menu masakan rumah khas Solo,” katanya.
 Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kolaborasi antara Wonderful Indonesia dan Dapur Solo untuk Co Branding. Menpar Arief Yahya, terus mendorong kuliner nusantara untuk tampil di pentas dunia. Sebab, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan teste makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kolaborasi antara Wonderful Indonesia dan Dapur Solo untuk Co Branding. Menpar Arief Yahya, terus mendorong kuliner nusantara untuk tampil di pentas dunia. Sebab, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan teste makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.  
                     
                     
      
      