REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut nama GenPI (Generasi Pesona Indonesia) dan GenWI (Generasi Wonderful Indonesia) bakal menjadi andalan promosi pariwisata Indonesia. Mereka adalah anak-anak muda yang terus mempromosikan Wonderful Indonesia melalui media sosial.
Mereka juga akan mempromosikan bersama Co Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Kini, brand yang akan melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia semakin banyak. Salah satunya Dapur Solo.
Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan kuliner dipilih menjadi alat promosi karena memiliki keragaman dan potensi besar yang dapat memikat wisatawan berlibur ke Indonesia.
"Kuliner efektif sebagai sarana promosi. Selain itu juga, kuliner bisa menjadi pintu masuk yang bagus untuk pariwisata," kata dia.
Menurut Esthy, Indonesia potensial menjadi negara pusat kuliner karena mempertimbangkan berbagai potensi kuliner sekaligus bahan baku yang kita miliki di seluruh pelosok nusantara.
Founder Dapur Solo, Swan Kumarga mengaku sangat antusias sekali bisa bekerja sama dengan Kemenpar. Dia juga akan menyandingkan brand Dapur Solo dengan Brand Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia disetiap box makanan, serta alam promosi lainnya yang diproduksi dapur Solo.
“Saya antusias sekali Pak Menteri, sebelum MoU (10/8) saya sudah mencetak disetiap kemasan Dapur Solo. Kuliner itu bagian dari pariwisata, dan saya sebagai pendiri Dapur Solo, walaupun belum begitu besar, saya yakin dengan melakukan kolaborasi bersama ini, Dapur Solo akan semakin besar,” ucap Swan.
Swan menjelaskan latar belakang berdirinya Dapur Solo yang sudah dirintisnya sekitar 30 tahun lalu. Sebagai seorang ibu rumah tangga yang harus mengurus anak yang masih kecil waktu itu, tidak memungkinkan dia untuk bekerja di luar rumah. Berkat saran suami untuk usaha di rumah akhirnya dia kemudian berjualan
juice dan rujak.
“Dengan bermodalkan sebuah brosur sederhana tulisan tangan dan sebuah sepeda ontel milik kami waktu itu, saya menyebarkan selebaran tersebut ke rumah-rumah tetangga. Usaha yang sangat sederhana ini saya mulai di garasi rumah kami pada tahun 1988, pendapatan dari Rp 3.000,-/ hari kian hari kian bertambah. Karena kecintaan saya akan kuliner Jawa terutama Solo asal kota kelahiran saya, saya kemudian menambahkan menu masakan rumah khas Solo,” katanya.
Kini, tanpa terasa telah 25 tahun berlalu, proses panjang yang tidak mudah telah saya lewati, berkat dukungan suami, usaha Kuliner kami berkembang pesat. Pada tahun 2006 usaha rumahan, kini telah menjadi sebuah restoran terkenal dengan merk terdaftar Dapur Solo.
Beragam hidangan andalan Dapur Solo siap disajikan, dan menjadi andalan kuliner otenttik Indonesia. Terdapat juga beberapa hidangan khas yang didatangkan langsung dari Solo. Hidangan yang ditawarkan seperti Sosis Solo, Cabuk Rambak, Nasi Liwet, Tumpang Lethok, Brambang Asem, Selat Solo, Asem-asem Iga, Lontong Solo, Bubur Lemu, dan Pecel Ndeso Wijen Hitam.
“Selain camilan dan hidangan utama, tersaji juga hidangan penutup yang manis dan legit. Seperti ketan bubuk juruh, meniran, gethuk, dan wedut. Tidak ketinggalan sajian hangat seperti Wedang Ronde, Kacang Tanah, dan Wedang Jahe Gepuk khas angkringan Solo,” ujarnya.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi kolaborasi antara Wonderful Indonesia dan Dapur Solo untuk
Co Branding. Menpar Arief Yahya, terus mendorong kuliner nusantara untuk tampil di pentas dunia. Sebab, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan
teste makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.
"Potensi kita tidak kalah. Jenis makanan kita juga seabrek jumlahnya. Tinggal mengemas menjadi kekuatan yang memiliki commercial value, bukan hanya cultural value," kata Arief Yahya.
sumber : Kemenpar