Sabtu 12 Aug 2017 17:54 WIB

Cara Memilih Kosmetik Aman

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Esthi Maharani
Kosmetik
Foto: pixabay
Kosmetik

REPUBLIKA.CO.ID, Berkembang pesatnya industri kosmetika di Indonesia sejalan dengan semakin beragamnya produk kosmetik yang hadir di tengah masyarakat. Banyaknya pilihan tak jarang membuat sebagian konsumen bingung bagaimana memilih kosmetik yang baik dan aman.

"Konsumen harus lebih bijak, cermat dan waspada mengenai arti keamanan kosmetik," terang Direktur Scientific and Regulatory Affairs L'Oréal Indonesia Dewi Rijah Sari saat ditemui dalam Kongers Nasional XV Perdoski di Semarang, Jumat (11/8).

Dewi mengungkapkan ada cara sederhana yang bisa dilakukan masyarakat untuk memilih produk kosmetik yang baik dan aman. Cara tersebut ialah dengan melakukan Cek Kemasan, Izin Edar dan Kadaluarsa (KIK).

Dalam mengecek kemasan, yang perlu dilakukan konsumen bukan sekedar melihat kondisi kemasan yang masih dalam kondisi baik atau tidak. Konsumen juga harus melihat beberapa informasi lain yang tercantum pada kemasan. Salah satunya adalah komposisi kemasan.

Konsumen yang memiliki kecenderungan alergi atau iritasi misalnya, perlu mewaspadai beberapa kandungan yang mungkin memicu reaksi alergi. Beberapa contohnya adalah parfum ataupun bahan-bahan alami dalam bentuk ekstrak.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah informasi cara penggunaan pada kemasan. Infromasi ini terkesan sepele dan terkadang diabaikan oleh konsumen. Padahal, penggunaan produk kosmetik dengan cara yang salah dapat menyebabkan beberapa reaksi yang tak diinginkan.

Contoh sederhananya, konsumen yang kehabisan day cream (krim pagi) tak jarang menggunakan night cream (krim malam) sebagai penggantinya. Seperti diketahui, krim malam tidak seperti krim pagi yang biasanya dilengkapi dengan tabir surya sebagai perlindungan untuk kulit dari sinar matahari.

"Kulit jadi flek-flek karena tidak ada tabir surya," sambung Dewi.

Yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah melakukan pengecekan izin edar. Seperti diketahui, produk kosmetik yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) agar terjamin keamanannya.

"Terakhir, cek tanggal kadaluarsanya," jelas Dewi.

Dewi menilai poin-poin pengecekan ini penting untuk diterapkan setiap kali konsumen akan membeli produk kosmetik. Penggunaan produk kosmetik yang salah maupun tidak sesuai dengan petunjuk pada kemasan bisa menyebabkan beberapa efek samping mulai dari munculnya noda hitam, jerawat hingga reaksi alergi.

"Mereka berpikir (reaksi tersebut) karena produk tidak cocok, padahal karena salah penggunaannya," kata Dewi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement