REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penganugerahan The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 (ASEANTA Awards 2017) digelar di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (8/8). Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menghadiri acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017 dan memberikan welcoming remarks serta menyerahkan penghargaan kepada para pemenang ASEANTA awards.
ASEANTA Award merupakan ajang kompetisi dan penghargaan bergengsi bagi pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN yang dilaksanakan tiap tahun oleh induk asosiasi pariwisata ASEAN. Penghargaan itu terdiri dari 6 kategori yakni; Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Marketing and Promotional Campaign, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airlines Program, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.
Sekjen DPP Astindo yang juga representative Astindo @ Aseanta Pauline Suharno mengatakan seluruh peserta ASEAN@50 Sky Caravan akan menghadiri Aseanta Excellence Award di Hotel Borobudur Jakarta, (8/8) dilanjutkan dengan famtrip ke berbagai destinasi di Indonesia 9-11 Agustus 2017. Untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan ini, Indonesia bersaing dengan Thailand dan Filipina. Aseanta board members yang terdiri dari perwakilan badan promosi pariwisata, maskapai penerbangan, asosiasi travel agent, asosiasi perhotelan negara-negara Asean juga akan turut menghadiri acara ini.
Acara gala dinner The 30th ASEANTA Awards for Excellence and Post Tour 2017 dihadiri sekitar 350 undangan di antaranya pimpinan ASEANTA (SAM Cheah/Deputy President, Margaret Heng/Secretary General of ASEANTA, dan Supawan Tanomkieatipume/Treasury of ASEANTA), para duta besar negara sahabat, General Secreatary of ASEAN Country, pajabat dari instansi terkait, asosiasi pariwisata, perwakilan airlines, serta para awardees.
“Untuk peserta dari luar negeri jumlahnya mencapai 140 an orang dari negara-negara Asean. Sedangkan untuk penyerahan award tamu undangan mencapai 350 orang,” kata Pauline.
Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kegiatan ASEANTA Awards for Excellence sangat penting dalam memicu para pegiat dan pelaku pariwisata di negara-negara anggota ASEAN untuk senantiasa melakukan pembaruan dalam kemajuan bersama sektor pariwisata ASEAN. “Kemenangan dalam ASEANTA Awards ini akan mendongkrak level 3 C, confidence atau rasa percaya diri internal, credible atau semakin dipercaya orang eksternal, dan calibration dalam mendekatkan pada standar global di antaranya ditetapkan dalam standar pariwisata ASEAN,” kata Arief.
Arief mejelaskan, kegiatan mem-branding Wonderful Indonesia secara masif ke seluruh belahan dunia, terutama negara-negara sebagai pasar utama Indonesia, mendapat sambutan masyarakat internasional dan terbukti selama tahun 2016 Wonderful Indonesia mendapat 46 penghargaan internasional dari 22 negara di antaranya 3 penghargaan dari ASEANTA Awards 2016 (Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Travel Article, dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort).
"Kampanye branding Wonderful Indonesia telah meningkatkan performance Indonesia. Hal ini terlihat dari popolaritas Wonderful Indonesia melonjak dari status tidak tercatat menjadi ranking 47 dunia, sedangkan Truly Asia (Malaysia) dan Amazing (Thailand) masing-masing berada di posisi 83 dan 97 dunia," kata Arief.
Arief menargetkan Branding Wonderful Indonesia sapu bersih 5 kategori dalam ASEANTA Award 2017. Untuk merebut 5 kategori itu, Indonesia mengikutkan 28 karya yang siap bersaing dengan negara lain. "Sebanyak 28 karya terbaik, semuanya world class telah kita daftarkan, kita ikut 5 dari 6 kategori yang diperlombakan. Do the
Best, saatnya sapu bersih," kata Menpar Arief Yahya.