Rabu 09 Aug 2017 12:56 WIB

Kesalahan Makeup Ini Bisa Buat Riasan tak Sempurna

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Merias wajah
Foto: Popsugar
Merias wajah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum hawa kerap menyimak tutorial makeup di Instagram atau YouTube sebagai referensi mempercantik diri. Bagi yang merasa kesulitan mendapat hasil sempurna sesuai panduan, bisa jadi Anda melakukan kesalahan umum saat berhias sebagai berikut.

1. Tidak membersihkan wajah

Riasan sempurna selalu dimulai dengan kulit yang bersih dan sehat. Jadi pastikan Anda membiasakan diri membersihkan dan merawat kulit secara rutin agar tidak harus berurusan dengan jerawat, kantung mata, kulit berminyak, atau masalah kulit lain sebelum mengaplikasikan riasan.

2. Peralatan yang salah

Peralatan makeup yang salah membuat riasan terkesan berat atau tidak rata sehingga hasilnya pun kurang sempurna. Pakai beautyblender alih-alih sponge biasa atau pilih seperangkat kuas makeup berbagai bentuk serta ukuran untuk mengaplikasikan bedak, riasan mata, dan perona pipi.

3. Formula yang salah

Berbagai produk kecantikan hadir dalam banyak ukuran dan formula sehingga harus hati-hati dalam memilih yang sesuai bagi kulit. Secara umum, tips memilihnya yaitu formula bubuk lebih baik untuk kulit berminyak sementara formula cair dan krim bisa menghidrasi kulit kering.

4. Salah pilih warna

Banyak orang mengikuti riasan yang sedang tren tanpa mempertimbangkan kecocokan dengan karakter. Temukan warna yang benar-benar sesuai dengan kepribadian dan ingat-ingat bahwa lipstik merah menyala atau eyeliner hitam pekat tidak selalu sesuai untuk setiap orang.

5. Melupakan detail

Sebagian pemula biasa bereksperimen pada aspek yang bagi mereka menarik, yakni alis atau pemulas bibir. Padahal, untuk mendapat hasil sempurna harus mengombinasikan semua tahapan, mulai dari foundation, bedak, concealer, blush, riasan mata, dan lipstik sesuai kebutuhan.

6. Kosmetik perlu diganti

Riasan yang kurang sempurna juga dapat disebabkan oleh kosmetik yang sudah dalam kondisi tidak baik. Cek berkala tanggal kedaluwarsa pada kemasan, terutama yang berbentuk cairan karena kosmetik yang habis masa pakainya bisa berdampak buruk bagi kulit, dilansir dari laman Popsugar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement