Kamis 20 Jul 2017 14:17 WIB

Despacito Jadi Lagu Paling Populer di Media Streaming Global

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Penyanyi Despacito, Luis Fonsi, kiri dan Daddy Yankee.
Foto: AP
Penyanyi Despacito, Luis Fonsi, kiri dan Daddy Yankee.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- "Despacito" gubahan penyanyi Puerto Riko Luis Fonsi dinobatkan sebagai lagu paling populer di media streaming global. Informasi tersebut dirilis oleh label Universal Music Latin Entertainment yang memproduseri lagu, Kamis (20/7).

Versi asli dan remix lagu tersebut telah mencapai 4,6 miliar kali akses di media streaming termasuk YouTube and Spotify. Sejak dirilis Januari, lagu yang dinyanyikan Fonsi bersama rapper Daddy Yankee itu segera menjadi viral, apalagi dengan lirik yang penuh muatan seksual.

Lagu sama yang berkolaborasi dengan penyanyi pop Kanada Justin Bieber tidak kalah populer, dengan penayangan lebih dari 4,38 miliar kali. "Despacito" yang artinya perlahan-lahan sudah 10 pekan menduduki peringkat pertama di tangga lagu populer AS, rekor untuk lagu berbahasa Spanyol setelah "Macarena" pada 1996.

"Media streaming adalah penghubung dengan audiens di seluruh dunia dan telah membantu musik saya mencapai setiap sudut planet ini," ungkap Fonsi dalam sebuah pernyataan.

Lucian Grainge, chairman dan CEO Universal Music Group, menyebut "Despacito" sebagai hit paling sukses pada 2017. Lagu tersebut diperingkat oleh YouTube sebagai video keempat yang paling banyak ditonton dan terpopuler ke-39 dalam daftar sepanjang masa di Spotify.

Grainge menyebutkan, media streaming telah tumbuh sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Layanan itu menjadi penunjang bagi industri musik, termasuk dalam mempopulerkan "Despacito" yang memuat musik khas bernama reggaeton.

"Streaming telah membuka kemungkinan bagi sebuah lagu dengan irama yang berbeda, dari budaya yang berbeda, dalam bahasa yang berbeda, untuk bisa didengar dan sukses di seluruh dunia," kata Grainge, dilansir dari Malay Mail Online.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement