Rabu 19 Jul 2017 22:14 WIB

Butuh Setahun Tetapkan Pemeran Dilan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Iqbal Coboy Junior
Foto: Republika/Dwina Agustin
Iqbal Coboy Junior

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan Iqbal sebagai Dilan ternyata tidak mudah untuk Falcon Pictures dan Maxima Pictures. Fajar Bustomi sebagai sutradara film Dilan pun mengaku butuh waktu hingga satu tahun menemukan sosok yang tepat.

"Pemilihan Dilan nunggu setahun dan terus bergonta-ganti aktor. Sebab Dilan ini remaja yang sangat tidak biasa, dia masih kelas dua SMA tapi sangat cerdas," kata Fajar.

Untuk menemukan sosok yang tepat, tim produksi yang terdiri dari banyak pihak termasuk penulis novel Pidi Baiq ikut melakukan seleksi ketat. Bahkan, sutradara Surat Kecil untuk Tuhan mengatakan, sosok-sosok aktor yang banyak diperbincangkan akan memerankan Dilan pun ikut di casting, namun selalu ada saja celah ketidakcocokkan.

Bahkan, Fajar menceritakan jika sejak novel pertama Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 dia sudah berminat untuk menggarap film tersebut. Kemudian, dia mendapatkan tawaran untuk menggarap cerita tersebut dari sebuah rumah produksi, namun hak untuk menggarap film tersebut sudah didapatkan rumah produksi lain.

Akhirnya, Fajar pun mendapatkan dari Falcon, dan kesempatan itu tidak disia-siakan. Ketika, menerima tawaran tersebut,justru awalnya dia berimajinasi jika Dilan akan pantas dimainkan oleh sosok keturunan atau bule.

"Dan pas ketemu penulis dan lebih melakukan kedekatan, ini ada kedalaman. Saya sebenarnya bayangin Dilan itu ayah (Pidi Baiq) saja," kata Fajar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement