Rabu 19 Jul 2017 17:41 WIB

Dilan dan Reaksi Netizen

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Esthi Maharani
Iqbal Coboy Junior
Foto: Republika/Dwina Agustin
Iqbal Coboy Junior

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- SElama dua hari, 'Dilan' berada di puncak treding topic. Ada lebih dari 32.100 lebih cuitan yang menyertakan kata 'Dilan' di dalamnya. 'Dilan' adalah tokoh fiksi dari sebuah novel kisah remaja karangan seniman asal Kota Bandung, Pidi Baiq. Sampai saat ini, Dilan yang awalnya lahir dari sebuah blog sudah jadi idola di kalangan anak muda Indonesia. Lebih jauh, Dilan juga bahkan banyak digemari oleh mereka yang pernah merasakan masa muda di Kota Bandung. Kini, kisah Dilan yang sudah tertuang ke dalam tiga buku Novel akan diadaptasi ke layar lebar.

Di sinilah awal cerita hingga Dilan ramai dibicarakan di twitter. Maxima Pitcure, selaku tim produksi yang menggarap pembuatan film Dilan mengumumkan nama aktor muda Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan sebagai pemeran utama.

Penunjukkan anggota boyband CJR itu sebagai Dilan langsung menuai reaksi luar biasa. Mayoritas warganet tak setuju dengan dipilihnya Iqbal sebagai pemeran dari sosok pemuda jenaka tapi cerdas asal Kota Bandung seperti yang digambarkan Pidi Baiq akan diri Dilan.

Komentar miring banyak berseliweran. Kebanyakan dari para pengomentar tak senang karena sosok Dilan yang dibayangkan selama bertahun-tahun sejak mengikuti kisahnya kini malah diperankan oleh artis mainstream. "Dilan itu panglima tempur, bukan beras kencur," kata akun @andreasfairus, dikutip Rabu (18/7).

Meski demikian, Pidi Baiq mampu dengan tekun meladeni cuitan dari para pemrotes dipilihnya Iqbaal sebagai Dilan. Surayah, demikian dia biasa disapa, menolak anggapan pemilihan Iqbaal sebagai Dilan dipengaruhi unsur komersil belaka.

"Apakah kamu percaya hal-hal seperti itu bisa mempengaruhiku? Saya akan malu pada diri saya sendiri kalau semata krn alasan itu," kata dia melalui akun twitternya, @pidibaiq.

Pidi Baiq pun berkomitmen untuk membuat film Dilan tak mengecewakan dibalik banyaknya protes terhadap penunjukkan Iqbaal.

"Kemudian betul-betul saya merasa bertanggungjawab secara moral karena kita selama ini adalah bersama-sama," kata Pidi Baiq ketika salah satu akun memintanya agar Iqbaal bisa maksimal memerankan Dilan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement