Senin 10 Jul 2017 11:10 WIB

Spider-Man: Homecoming Kuasai Box Office

Tom Holland dalam Spider-Man: Homecoming.
Foto: AP
Tom Holland dalam Spider-Man: Homecoming.

REPUBLIKA.CO.ID, OS ANGELES -- "Spider-Man: Homecoming" telah mengalahkan semua kompetisi untuk tempat nomor satu di box office akhir pekan ini. Film Marvel Cinematic Universe itu menghasilkan sekitar 117 juta dolar AS.

Dengan penghasilan kurang lebih setara Rp 1,5 triliun itu, film ini menjadi penayangan terbesar untuk film dengan penampilan aktor baru. "Spider-Man: Homecoming" memperkenalkan Tom Holland sebagai karakter utama, sebelumnya karakter Peter Parker pernah diperankan oleh Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Pada saat pertama kali Spider-Man diperankan Maguire pada 2002, film "Spider-Man" berhasil mendapatkan 114,8 juta dolar AS dalam pekan pertamanya. Sedangkan ketika Garfield berperan 10 tahun kemudian melalui film "The Amazing Spider-Man", dia hanya mengumpulkan 62 juta dolar AS di pekan pertama.

Hanya saja, pembukaan "Spider-Man: Homecoming" belum dapat mengalahkan penghasilan pekan pertama dari film "Spider-Man 3" tahun 2007. Film tersebut berhasil mengumpulkan hingga 151 juta dolar AS dan menjadi pembuka terbesar film-film Spider-Man.

Tapi, jika dibandingkan, film arahan Jon Watts ini berhasil menekan film Spider-Man lainnya. "Spider-Man 2" hanya mengumpulkan 88 juta dolar AS dan "The Amazing Spider- Man 2" hanya 91,6 juta dolar AS di pekan pertama.

Selain bekeja dengan baik jika dibandingkan film Spider-Man lainnya, pembukaan "Spider-Man: Homecoming" pun sangat baik dibanding film superhero yang telah rilis sebelumnya. Contoh saja "Wonder Woman" hanya mendapatkan 103 juta dolar AS di pekan pertama, "Logan" dengan 88 juta dolar AS, dan "Doctor Strange" 85 juta dolar AS, hanya "Guardian of Galaxy Vol 2" yang angkanya belum terlewati dengan 146 juta dolar AS.

Secara pendapatan global, film Sony itu telah mengumpulkan sebanyak 140 juta dolar AS dari 60 persen pasar luar negeri. Dengan pendapatan cemerlang itu, "Spider-Man: Homecoming" total mendapatkan 257 juta dolar AS di seluruh dunia.

Berikut 10 besar box office serta pendapatannya pekan ini, dikutip dari EW, Senin (10/7).

1 – Spider-Man: Homecoming – 117 juta dolar AS

2 – Despicable Me 3 – 34 juta dolar AS

3 – Baby Driver – 12,7 juta dolar AS

4 – Wonder Woman – 10,1 juta dolar AS

5 – Transformers: The Last Knight – 6,3 juta dolar AS

6 – Cars 3 – 5,6 juta dolar AS

7 – The House – 4,8 juta dolar AS

8 – The Big Sick – 3,7 juta dolar AS

9 – 47 Meters Down – 2,8 juta dolar AS

10 – The Beguiled – 2,1 juta dolar AS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement