Kamis 15 Jun 2017 14:34 WIB

Merek Baru 10 Destinasi Pariwisata Utama

Taman nasional Wakatobi.
Foto: wikipedia
Taman nasional Wakatobi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan merilis 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, dengan merek baru di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (14/6). Ke sepuluh destinasi utama ini dinilai paling siap dibranding sebagai destination branding dalam mendukung merek Wonderful Indonesia di kancah dunia.

Ke sepuluh destinasi dengan merek baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.
 
Rencananya, acara launching 10 destinasi pariwisata utama Indonesia, dengan branding baru dan pameran The New Chapters of Indonesia (WI) akan dimeriahkan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders yang menampilkan tari tradisional, fashion show, musik serta penampilan group musik biola Kamila. Yang tidak kalah seru, penyanyi Andien akan menghibur pengunjung yang datang di Balairung Soesilo Sudarman.
 
Peluncuran branding kali ini akan dikemas menarik dengan menampilkan pameran dengan tema The New Chapters of Indonesia. Pameran ini bertujuan untuk melihat potensi daya tarik wisata berupa budaya, alam, dan daya tarik wisata buatan di masing-masing 10 destinasi wisata unggulan tersebut.
 
Arief Yahya mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut, tentu perlu diberikan penjelasan dan pemahaman lebih lanjut, agar ada sinergi antara pusat dan daerah terkait pemajuan pariwisata. “Sarana dan prasarana pendukung pariwisata di 10 destinasi utama ini yang paling siap sehingga akan mudah dibranding  dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta dan meningkat menjadi 20 juta pada 2019,” kata Menpar Arief Yahya.
 
Peluncuran branding baru 10 destinasi pariwisata utama tersebut juga sebagai upaya menyelaraskan sub-brand (branding destinasi) dengan master brand (Wonderful Indonesia) sehingga memperkuat posisi dari master-brand.
 
Arief juga sangat konsisten tampil dalam berbagai kegiatan promosi mancanegara dengan branding Wonderful Indonesia. "Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau, banyak pemimpin dunia yang galau memikirkan national brand seperti ini," kata Arief.
 
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, keistimewa daya tarik wisata di 10 detinasi utama saat dipamerankan dalam kesempatan itu para pengunjung dapat menkmati kebudayaan dari masing-masing destinasi.

“Ada putri pariwisata di setiap booth, yang siap membantu pengunjung untuk mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan untu menunjukan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada,” kata Pitana.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement