Selasa 13 Jun 2017 17:43 WIB

Manfaat dari Business Plan

Perencanaan bisnis/ilustrasi
Foto: gainesvillechamber.com
Perencanaan bisnis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Perlukah business plan saat menjalankan bisnis? Tentu saja perlu. Untuk bertindak dan mengetahui apa yang hendak kita lakukan, kita membutuhkan rencana atau planning.

Rencana ini nantinya berisi tentang tata cara untuk mengerjakan sesuatu, siapa saja yang terlibat dalam bisnis tersebut, lokasi usaha, sumber modal, dan masih banyak lagi. Rencana bisnis yang disusun dengan baik bisa mengantarkan perusahaan menuju gerbang kesuksesan.

Pasang surut usaha dihadapi oleh semua pebisnis. Berbagai macam tantangan dan kondisi tak tentu terus menerus menerjang layaknya ombak di pantai. Disinilah sikap pebisnis akan diuji. Mampukah ia menghadapi situasi ini atau lari dari kenyataan?

Tantangan adalah hal biasa dalam berbisnis, namun banyak pebisnis yang ketar-ketir menghadapi situasi ini. Untuk memperkecil masalah dan menjadikan bisnis lebih terarah, semua pebisnis harus mempunyai rencana bisnis.

Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari adanya business plan ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengawali Sebuah Bisnis

Bisnis bisa ada atau eksis karena adanya rencana bisnis. Tanpa adanya rencana bisnis, sebuah usaha yang baru saja didirikan tentu saja akan mengalami kesulitan saat mengembangkan usahanya. Adanya rencana bisnis yang jelas membuat Anda tahu apa saja hal yang akan dilakukan ke depannya. Selain itu, Anda juga akan memiliki gambaran yang jelas mengenai cara menggabungkan berbagai macam instrumen yang dimiliki untuk mengembangkan usaha tersebut.

Susunlah business plan secara detail. Lakukan klasifikasi bidang dan pembagian kerja secara jelas. Adanya rencana bisnis yang baik senantiasa akan mengantarkan usaha pada kesuksesan. Percayalah!

2. Membantu Permodalan

Pengetahuan dan kesiapan seorang pebisnis bisa dinilai dari rencana bisnis yang disusunnya. Semakin baik, semakin dalam pula ia mengetahui seluk beluk bisnis yang hendak dijalankannya.

Membuka bisnis bukanlah hal yang mudah, terutama dalam hal permodalan. Modal adalah hal yang paling krusial. Seseorang yang ingin berbisnis kerap kali terhambat karena terbatasnya modal yang dimiliki. Adanya rencana bisnis yang detail, rapi, dan bagus bisa dijadikan daya tarik untuk mendatangkan investor untuk menanamkan modalnya pada bisnis yang ditekuni. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mendapatkan sokongan dana dari para kreditor atau lembaga keuangan lainnya.

3. Membantu Membuat Keputusan

Business plan layaknya sebuah rambu-rambu lalu lintas yang bisa digunakan untuk menetapkan arah dan tujuan, serta memutuskan apakah bisnis yang di jalan sesuai dengan yang direncanakan atau tidak. Misalnya apakah target penjualan sudah tercapai atau belum, posisi keuangan perusahaan, dan daya tarik produk terhadap konsumen. Kalau ketiganya belum tercapai, Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab utamanya. Selain itu, Anda juga perlu menindaklanjuti hal tersebut agar tidak terjadi secara continuous atau berkelanjutan.

4. Tujuan dan Prioritas Bisnis Lebih Jelas

Rencana bisnis bisa membantu Anda untuk mengetahui tujuan dan prioritas bisnis. Adanya ukuran terhadap margin laba, peluncuran produk baru, dan pihak-pihak yang terlibat membantu Anda untuk mewujudkan tujuan bisnis. Di samping itu, rencana bisnis juga membantu Anda untuk fokus pada masalah yang terjadi. Dengan demikian, masalah tersebut bisa dikelompokkan berdasarkan prioritas penyelesaiannya. Misalnya bagian keuangan, pemasaran, dan manajemen.

5. Membantu Mengembangkan Ide Bisnis

Adanya business plan membuat ide-ide bisnis akan lebih terencana dan sistematis. Melalui beberapa pendekatan pada business plan, Anda akan lebih mudah untuk mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), mengetahui siapa saja yang menjadi sasaran produksi, mengetahui apa yang diproduksi, sistem pemasaran yang tepat, dan strategi operasional apa yang dijalankan agar bisnis bisa mendulang kesuksesan. Ide-ide bisnis yang muncul juga bisa digunakan untuk mengembangkan produk. Tujuannya agar ada inovasi dan produk tidak stuck hanya pada satu jenis saja.

6. Memberikan Gambaran Kepada Konsumen dan Investor

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, rencana bisnis yang baik bisa mendatangkan investor dan kreditor untuk memberikan modalnya. Misalnya, dalam hal pemasaran. Adanya business plan membuat kita lebih peka terhadap produk yang dimiliki. Hal ini juga bisa digunakan untuk membandingkan produk kita dengan produk perusahaan lainnya yang sejenis. Adanya tingkat penjualan yang rendah membuat kita berupaya untuk menemukan solusi untuk memperkenalkan produk bisnis kita kepada pihak luar.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement