Selasa 06 Jun 2017 08:50 WIB

Artis Hip-Hop Muslim yang Populer di Dunia Saat Ini

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Deen Squad
Foto: ist
Deen Squad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam bisa bersahabat dengan berbagai bidang, salah satunya seni. Penyanyi kenamaan, seperti Akon dan French Montana adalah Muslim, termasuk juga legenda, seperti Ali Shaheed Muhammed dan Q Tip.

Hip-hop bisa dibilang satu-satunya bentuk musik populer di mana seniman Muslim bisa bebas mengekspresikan seni sekaligus spritualitas mereka dalam porsi yang sama. Berikut adalah enam artis hip-hop Muslim yang tengah populer saat ini, dilansir dari The National, Selasa (6/6).

Brother Ali

Brother Ali masuk Islam saat usianya 15 tahun. Nama aslinya adalah Jason Newman, sangat terkenal di kalangan pecinta hip-hop indie.

Selama enam bulan, artis yang kini berusia 39 tahun itu mengatakan dirinya tak pernah menyembunyikan atau menghindar karena menjadi mualaf.  Memeluk Islam justru membantunya mengatasi berbagai kesulitan dan kesedihan dalam hidup. Album barunya 'The Beauty in This Whole Life' baru saja dirilis awal bulan ini.

Lupe Fiasco

Bintang hip-hop indie lainnya adalah rapper serebral Chicago berusia 35 tahun, Lupe Fiasco. Namanya aslinya adalah Wasalu Muhammad Jaco. Islam di matanya bisa membuat dirinya jauh dari hedonisme dunia musik.

Mos Def

Mos Def baru saja pensiun dari dunia musik hip-hop tahun lalu. Dia sekarang memakai nama Yassin Bey, menjadi salah satu penulis lagu paling bergengsi di genre hip-hop.  Mos Def masuk Islam saat berusia 19 tahun. Kini dia sudah 43 tahun dan tetap berkarya sejak saat itu.

Poetic Pilgrimage

Poetic Pilgrimage terdiri dari Muneera Rashida dan Sukina Abdul Noor. Duo Inggris ini lahir dari orang tua berdarah Jamaika dan masuk Islam pada 2005 setelah terinspirasi dari buku 'The Autobiography of Malcolm X.'

Poetic Pilgrimage adalah artis hip-hop populer di Inggris karena lirik-lirik lagunya puitis, membahas iman, kesetaraan jender, dan Muslim pendahulu. Mereka merilis album 'Starwomen: Mixtape' pada 2009 dan saat ini sedang menggarap album baru.

Alia Sharrief

Rapper Amerika berusia 23 tahun ini tak hanya sering tampil di atas panggung, namun juga di berbagai unjuk rasa, khususnya yang mengangkat isu hak asasi manusia. Sharrief juga menjalankan usaha Hijabi Chronicles, sebuah platform online yang didedikasikan untuk wanita Muslim untuk menampilkan seni mereka demi melawan stereotip tentang perempuan.

Deen Squad

Deen Squad terdiri dari dua rapper, Joshua Asare (Jae Deen) dan Karter Zaher. Mereka sempat menjadi pengiring konser Justin Bieber bulan lalu di Autism Rocks Arena, Dubai. Zaher lahir dari orang tua Lebanon. Deen yang tiga tahun lebih muda adalah seorang mualaf yang masuk Islam 2009. Keduanya akhir Mei kemarin merilis lagu 'Ramadan Kareem' yang populer di YouTube saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement