Selasa 23 May 2017 16:04 WIB

Bintan Triathlon 2017 Sukses Dulang Wisman

Menpar Arief Yahya dalam membuka event Bintan Triathlon di Bintan, Kepulauan Riau
Foto: ROL/Winda Destiana
Menpar Arief Yahya dalam membuka event Bintan Triathlon di Bintan, Kepulauan Riau

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Eksotisme pantai Nirwana dibalut tarian tradisional Kepulauan Riau mengiringi dibukanya acara sportourism Bintan Triathlon 2017 di Pantai Nirwana, Nirwana Garden Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (20/5) lalu. Tidak kurang 1.300 peserta dari 37 negara berlomba menjadi yang tercepat di Bintan Triathlon 2017. 

Sejak perlombaan dimulai ratusan atlet menyerbu bibir pantai Nirwana, disesi awal para atlet mesti berenang sejauh 1,5 km di birunya laut Bintan Lagoi. Kemudian para peserta melanjutkan ke sesi balap sepeda sejauh 40 kilometer menyusuri hijaunya hutan dan indahnya danau di kawasan Bintan Lagoi.

Area perlombaan diakhiri lari dengan hembusan udara segar Bintan Lagoi sejauh 10 kilometer menuju garis finish. Bintan Triatlon 2017 bagai magnet yang kuat bagi para wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus). Tidak kurang 3000 lebih pengunjung menjadi saksi perhelatan tahunan ini. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira, mengatakan semua kamar hotel di kawasan Bintan Lagoi penuh, bahkan sampai keluar kawasan juga penuh. "Hotel-hotel di Tanjung Pinang merasakan dampaknya," ujar Luki disela kegiatan Bintan Triathlon 2017 di Nirwana Garden Resort, Kabupaten Bintan, Kepri.

Luki menjelaskan Bintan Triathlon 2017 memperlombakan lima kategori yaitu, Olympic Distance yakni renang 1,5 kilometer, balap sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Lalu ada Sprint Distance terdiri dari renang 750 meter, sepeda 20 kilometer dan lari lima kilometer.

Kemudian, kategori Youth Distance yaitu renang 300 meter, sepeda 12 kilometer, dan tiga kilometer. Terakhir kategori Fun Race Duo Race Duo Challenge yakni renang 1,5 kilometer sepeda 150 meter, serta lari sampai garis finish.

Pelaksanaan Bintan Triathlon 2017 merupakan ajang pemanasan para peserta sebelum menuju pelaksanaan Ironman 70.3 yang akan digelar Agustus mendatang di tempat yang sama. Meski tidak menyediakan hadiah uang, Bintan Triathlon merupakan ajang olahraga bergengsi, terutama bagi atlet triathlon.

Metasport penyelenggara kegiatan Bintan Triatlon memberikan medali khusus bagi para pemenang. Di kalangan atlet triathlon, mendapatkan medali tersebut merupakan kehormatan dan bergengsi. 

Acara Bintan Thriatlon 2017 telah sukses digelar dengan dukungan Wonderful Indonesia. Ini menjadi acara sportourism yang selalu dinanti atlet dan penggemar triathlon di seluruh dunia. Tercatat 1.300 peserta dari 37 negara mengikuti ajang Bintan Triathlon 2017. Jumlah pengunjung total yang diraih 3.000 lebih, dengan kalkulasi tiap atlet membawa krunya lebih dari dua. Bahkan banyak yang membawa keluarganya sekalian berlibur.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan meski acara hanya berlangsung dua hari, namun masa tinggal mereka rata-rata lebih dari itu. Mereka manfaatkan waktu usai bertanding untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di pulau Bintan. Dengan masa tinggal lebih lama, tentunya Apri berharap perekonomian di Kabupaten Bintan bisa terangkat. 

Apri tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang turut aktif mendukung berbagai bentuk kegiatan pariwisata di Bintan, termasuk Bintan Triathlon 2017 kali ini. Kegiatan Bintan Triatlon ini merupakan upaya Bintan mendongkrak kunjungan wisman.

Apri menargetkan pada tahun 2017 ini Bintan bisa dikunjungi 500 ribu wisman. Berbagai upaya dibenahi untuk mencapai target tersebut, dari keamanan, kebersihan hingga upaya membuat bandara di kawasan Bintan Lagoi untuk pesawat sewaan.

"PAD (Pendapatan Asli Daerah) kami 45 persen dari pariwisata, jadi tidak ada alasan lain, kami akan all out kembangkan pariwisata di Bintan, masa depan kami ada di pariwisata," kata bupati.

Bupati menjelaskan pada dua bulan di awal tahun ini, Bintan telah menghasilkan 80 ribu wisman. Ini menurutnya merupakan suatu yang menggembirakan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan Kementerian Pariwisata sangat mendukung acara Bintan Triathlon. "Bagi Kemenpar, Kepri dan Bintan pada khususnya merupakan lumbung wisman bagi Indonesia. Letak yang sangat dekat dengan Singapura dan berbagai kemudahan akses menjadikan Bintan sangat strategis untuk menggaet wisman," ujar Esthy.

Esthy menjelaskan tahun 2017 ini Kemenpar yang dipimpin Menteri Arief Yahya menargetkan 15 juta kunjungan wisman, dan 2,5 juta dihasilkan dari Kepulauan Riau termasuk Bintan. Sebab itu menurutnya, berbagai kegiatan promosi gencarkan dilakukan di Bintan dan Batam, seperti festival, sportourism, dan kegiatan cross border lainnya.

Wanita berhijab ini melanjutkan, kegiatan promosi dan penjualan juga diintensifkan di Singapura dan Malaysia yang merupakan pasar terbesar bagi Bintan. Bintan Triathlon sangat signifikan mendulang wisman, dari keseluruhan peserta maupun penonton hampir 90 persen didominasi wisman.

sumber : Kemenpar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement