Ahad 07 May 2017 18:08 WIB

Lima Perubahan Drastis Naskah Awal Star Wars

Rep: reja irfa widodo/ Red: Esthi Maharani
Star Wars
Foto: screenrant.com
Star Wars

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sebelum A New Hope, film pertama dari seri film saga Star Wars, penulis sekaligus sutradara Star Wars, George Lucas, sempat membuat berbagai versi dari cerita dan naskah film. Dalam salah satu draft awal cerita Episode IV: A New Hope disebutkan, bukan nama Skywalker yang muncul, melainkan Starkiller sebagai karakter utama di film tersebut.

Seperti dinukil dari buku berjudul,'Bagaimana Star Wars Menguasai Alam Semesta' yang ditulis Chris Taylor pada 2014, ini adalah lima perubahan drastis yang akhirnya dilakukan George Lucas di draft awal cerita Star Wars:

1. Luke adalah gadis berusia 18 tahun

Setelah menyelesaikan draft kedua dari cerita yang diberi judul Adventures of Starkiller, episode I: The Star Wars pada Januari 1975, Lucas akhirnya mengganti tokoh pemeran utama dalam perubahan draft selanjutnya. Lucas mengganti Luke menjadi karakter seorang perempuan berusia 18 tahun. Kendati begitu, perubahan ini hanya berlangsung sebentar. Luke tetap menjadi karakter utama, dengan munculnya Princes Leia yang juga menjadi tokoh sentral.

 

2. Dark Side memiliki nama yang unik

Dalam Star Wars dikenal kekuatan mistis yang disebut Force. Kekuatan ini terbagi menjadi dua sisi, yaitu 'Dark' sebagai sisi jahat dan 'Light' sebagai sisi baik. Namun, sebelum muncul nama ini, Lucas menyebut kekuatan jahat sebagai 'Bogan' dan kekuatan baik sebagai 'Ashlan'. Kendati dua terminologi disebut sebanyak 31 kali di draft kedua, tapi Lucas akhirnya tidak lagi menyebut 'Ashla' di draft ketiga. Namun, Lucas masih mempertahankan penyebutan 'Bogan'. Bahkan, dalam dialog awal antara Luke dengan Ben Kenobi, Luke masih disebutkan menggunakan terminologi Bogan untuk menyebut sisi jahat Force.

3. Darth Vader bukan ayah dari Luke

Jika Lucas tetap mempertahankan draft Adventures of Starkiller, maka dialog terkenal.'Luke, I am your father' yang diucapkan Darth Vader tidak akan terjadi. Dalam draft kedua, Lucas menyebutkan, Starkiller adalah seorang Jedi pada masa lalu yang dibentuk oleh Cyborg. Sementara, Darth Vader terbunuh seiring dengan serangan terhadap Death Star.

4. C-3PO yang menghancurkan Death Star

Meski Luke tetap menjadi pilot dari pesawat Starfighter yang menghancurkan kapal perang Imperial, Death Star. Namun, di draft awal, Lucas menulis droid milik Luke, C-3PO yang menembak langsung ke bagian inti Death Star. Sehingga menyebabkan kekalahan besar pertama dari Empire, yang dipimpin Darth Vader.

5. Ada dialog yang diambil langsung dari novel karya J.R.R Tolkien.

Dalam draft ketiga, ada sebuah scene percakapan antara Luke dengan Ben Kenobi. Dalam scene itu, Lucas mengadaptasi sebuah dialog yang ada di dalam novel karya J.R.R Tolkien, The Hobbit. Namun, Lucas akhirnya mengganti dialog tersebut atas alasan tertentu.

Ini adalah perubahan-perubahan yang dilakukan Lucas dalam draft-draft awal cerita Star Wars. Hingga akhirnya, saat ini, cerita Star Wars telah memiliki berbagai penggemar di seluruh dunia. Bahkan, ada hari dimana para penggemar Star Wars merayakan segala bentuk gimmick ataupun hal di film Star Wars.

Meski belum diakui secara resmi, namun setiap tanggal 4 Mei, para penggemar Star Wars di seluruh dunia akan merayakan hari Star Wars. Tanggal 4 Mei dipilih lantaran adanya adagium dan permainan kata-kata, yang pertama kali dilontarkan oleh penulis Inggris. Kata-kata tersebut adalah 'May the Fourth be with you'.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement