Kamis 06 Apr 2017 16:36 WIB

Mengejar Halal, Film Berisi Tuntunan yang Dikemas Komedi

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Para pemeran film Mengejar Halal.
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Para pemeran film Mengejar Halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah film bernuansa Islami kembali hadir di layar lebar. Berbeda dari film Islami kebanyakan yang disuguhkan secara serius, film Islami berjudul Mengejar Halal kali ini mengemas tuntunan dan nilai-nilai keagamaan ke dalam suguhan bergenre drama komedi.

Film yang diproduksi oleh Film Maker Muslim ini bercerita tentang perjalanan seorang Muslimah bernama Haura yang tengah gundah karena tidak kunjung mendapatkan jodoh. Padahal, sahabat-sahabat terdekatnya sudah banyak yang lebih dulu menikah.

Keinginan kuat Haura untuk segera menikah membuatnya rela menghalalkan segala cara termasuk meninggalkan kewajiban dan menyakiti orang-orang terdekatnya. Dikemas dalam alur cerita yang ringan, film ini mengandung banyak pesan dan hikmah yang bisa diambil mulai dari kisah percintaan antar suami istri, persahabatan hingga belajar makna cinta yang sejati.

"Mengejar Halal itu berangkat keresahan dari kami karena banyak Muslimah yang menggebu ingin menikah sementara mereka belum banyak mempersiapkan diri untuk menikah maka tidak heran banyak perceraian terjadi pada pasangan muda," ujar sang sutradara M. Amrul Ummami dalam acara skrining film Mengejar Halal, Kamis (6/4).

Selain dikemas secara humoris, yang membuat film ini berbeda adalah karena melibatkan telanta-talenta baru di dunia akting layar lebar. Pemilihan talenta baru ini menurut Amrul, bertujuan untuk membentuk imej dan persepsi baru di kalangan penonton.

Menurut Amrul, banyak film Islami di bioskop saat ini yang memisahkan syariat Islam dari industri film seperti hubungan pria dan wanita yang tidak muhrim namun memerankan peran suami istri. "Dari sini kita ingin menampilkan film yang sesuai syariat Islam mulai dari A sampai Z," kata Amrul.

Karakter Haura sendiri diperankan oleh Ines Ayuningtyas, pendatang baru yang sebelumnya aktif berperan dalam beberapa judul film pendek. Haura akan beradu akting dengam Abdul Kaafi yang berperan sebagai Halal. Abdul Kaafi merupakan jebolan Akademi Sahur Indonesia 2016 dan pengisi acara di Islam itu Indah Trans TV.

Mengejar Halal rencananya akan hadir mulai 13 April mendatang menghiasi layar bioskop Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement