Jumat 24 Mar 2017 14:04 WIB

Rahasia Andien Kembali Langsing Usai Melahirkan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Penyanyi Andien.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Penyanyi Andien.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua wanita menginginkan berat badannya kembali normal seperti sebelum hamil dan melahirkan. Namun, sayangnya hal itu jarang terjadi. Wanita setelah melahirkan justru memiliki berat badan yang jauh lebih besar dibanding sebelum hamil. Tapi tidak bagi Andien Aisyah. Tubuhnya justru kembali langsing paska melahirkan Kawa, putra pertamanya.

Menurutnya itu karena faktor gaya hidup yang ia jalani selama ini. Meski ia mengaku sebenarnya belum melakukan usaha yang luar biasa untuk itu. “Karena saya olahraga belum kembali normal, setelah 40 hari saya ngendon di rumah, saya juga mulai nyanyi-nyanyi, tadi malam juga nyanyi, hari ini juga ada beberapa acara, jadi acaranya juga langsung banyak, saya belum bisa berolahraga seperti normalnya," ujar Andien.

Ia melanjutkan, tapi bekal kebiasaan sebelum melahirkan yakni rajin berolahraga menjadi modal utama bagi tubuhnya. "Jadi saya rasa jawabannya ada pada saat sebelum melahirkan, saat saya hamil dan sebelum saya hamil, kebiasan saya berolahraga, kebiasaan saya makan makanan yang seperti apa,” ujarnya.

Untuk makanan, Andien melakukan pola makan yang sama seperti sejak tahun 2009. Yaitu makan lebih banyak secara prioritas, yang pertama protein, kedua sayuran, ketiga buah, keempat baru karbohidrat dan gula. “Jadi intinya dari seharian paling banyak saya konsumsi protein.”

Untuk karbohidrat dan gula, ia sangat memantangnya. Pantang bukan berarti ia tidak mengonsumsinya, tapi ia taruh dalam prioritas terbawah. Ia makan karbohidrat dan gula hanya dua kali seminggu. “Itu karena baca banyak buku, tidak pernah konsultasi ke dokter, tapi saya banyak baca literatur mengenai itu,” ujarnya.

Baca juga: Ade Rai Paparkan Olahraga yang Terbaik Bagi Tubuh

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement