Rabu 22 Mar 2017 10:47 WIB

Life, Spekulasi Ilmuwan tentang Kehidupan Luar Angkasa

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Film Life.
Foto: dok Columbia Pictures
Film Life.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Swedia Daniel Espinosa berkreasi dengan film bergenre fiksi ilmiah berjudul Life. Pria yang dikenal lewat karya thriller seperti Safe House dan Child 44 itu kini mengarahkan film tentang para angkasawan.

Inti cerita Life berpusat pada enam astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (SSI). Tim tersebut menemukan mikroorganisme pada sampel tanah muatan roket riset dari Mars, yang menjadi bukti pertama adanya kehidupan di luar Bumi.

Penelitian di laboratorium SSI yang berjarak tak jauh dari atmosfer Bumi tersebut lambat laun menunjukkan hasil mencengangkan. Sel mikroskopik diam itu mulai bangun, bergerak, dan tumbuh, mengembangkan kecerdasan serta kekuatan dengan sangat cepat.

Dalam hitungan hari, organisme yang tadinya diharapkan bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia malah menyerang para awak ISS dengan brutal. Seluruh kru harus mencari cara untuk membasminya sebelum 'alien' itu berhasil keluar kapal dan membahayakan kehidupan di Bumi.

Nuansa gelap dan hampa udara ala luar angkasa sangat kental pada film Life yang diproduksi Columbia Pictures ini. Sutradara Espinosa yang berpengalaman menggarap genre misteri menyuntikkan ketegangan intens yang mulai memuncak sejak sepertiga awal durasi film.

Untuk ukuran film genre fiksi ilmiah, Life amat memperkaya wawasan dengan sederet hal berbau sains yang pastinya tidak sembarangan ditulis tanpa riset. Salut untuk Rhett Reese dan Paul Wernick, dua penulis skenario yang membuat Life cukup berbeda dengan film lain yang serupa.

Keunikan lain adalah pemeran dari berbagai kebangsaan yang membuat film tidak terkesan Amerika-sentris. Mereka adalah aktor AS Jake Gyllenhaal, aktris Belarusia Olga Dihovichnaya, aktris Swedia Rebecca Ferguson, aktor Jepang Hiroyuki Sanada, aktor Inggris Ariyon Bakare, dan aktor Kanada Ryan Reynolds yang juga dikenal sebagai pemeran Deadpool.

Bagi para penyuka thriller, Life yang ditetapkan untuk penonton usia 13 tahun ke atas ini akan menjadi tontonan yang seru. Tapi jangan kaget melihat banyak adegan penuh darah dan menyeramkan yang seolah berpesan. Untuk jangan asal berspekulasi dengan kehidupan, apalagi meremehkan makhluk lain yang ada di alam semesta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement