Selasa 14 Mar 2017 08:48 WIB

Produksi Acara TV Paling Mahal

Adegan dari Game of Thrones.
Foto: dok HBO
Adegan dari Game of Thrones.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Netflix dan HBO menempatkan serial televisi tidak bisa dianggap remeh. Bukan hanya dalam segi produksi, namun juga pendanaannya.

Jangan heran jika, serial Tv sekarang sudah memiliki pendana yang tidak kalah dnegan menggarap film, bahkan bisa melebihi. Salah satu yang paling mahal yaitu Sense 8 yang dirilis oleh Netflix. Serial bertemakan sci-fi ini menelan biaya hingga sembilan juta dolar untuk satu episode.

Selain itu, serial HBO Game of Thrones dan Rome tidak kalah fantastis. Untuk produksi satu episode memakan biaya hingga 10 juta dolar. Rome hanya bertahan dua serial, sedangkan Game of Thrones berhasil menyedot banyak perhatian hingga enam serial  dan akan terus berlanjut.

Acara serial Tv lawas seperti Friends ternyata juga memerlukan biaya produksi yang sama besarnya dengan Game of Thrones. Membengkaknya biaya itu disebabkan pembayaran pemeran utama yang mencapai satu juta dolar untuk satu episode.

Pembiayaan tertinggi berikutnya diisi oleh ER, yang dibintangi George Clooney, Anthony Edwards, dan Sherry Stringfiled. Setiap episode membutuhkan hingga 13 juta dolar. Sedangkan The Get Down produksi Netflix untuk merampungkan satu serial membutuhkan hingga 120 juta dolar.

Pengeluaran itu belum menjadi yang paling mahal. Sebab serial termahal justru dikantongi oleh The Crown dengan pengeluaran hingga 130 juta dolar untuk satu musimnya, dikutip dari Independent, Senin (13/3).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement