Selasa 07 Mar 2017 05:13 WIB

Ini 6 Pekerjaan Seru dengan Hewan yang Dibayar Mahal, Mau Coba?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Bilal Ramadhan
Dokter hewan dan petugas kebun binatang memeriksa seekor Harimau Benggala betina (Panthera Tigris Tigris) bernama Rinjani di Klinik Kesehatan Hewan Bali Zoo, Gianyar, Bali, Rabu (13/5). (Antara/Nyoman Budhiana)
Dokter hewan dan petugas kebun binatang memeriksa seekor Harimau Benggala betina (Panthera Tigris Tigris) bernama Rinjani di Klinik Kesehatan Hewan Bali Zoo, Gianyar, Bali, Rabu (13/5). (Antara/Nyoman Budhiana)

REPUBLIKA.CO.ID, Tak hanya dokter hewan, ada sejumlah pekerjaan seru yang berhubungan dengan fauna sekaligus memungkinkan seseorang memiliki pendapatan tinggi. Jika Anda termasuk penggemar satwa dan ingin bekerja di bidang tersebut, daftar profesi berikut bisa menjadi rujukan seperti dikutip USA Today:

1. Pengelola area konservasi

Pengelola area konservasi bekerja dengan sejumlah lembaga dan organisasi konservasi untuk melindungi satwa liar. Penghasilan profesi ini di negara-negara Amerika Serikat berkisar antara 37.380 hingga 91.830 dolar AS per tahun, dengan kualifikasi minimum gelar sarjana atau pengalaman sebagai rimbawan.

2. Ahli zoologi dan ahli biologi satwa liar

Ahli zoologi dan ahli biologi satwa liar mempelajari interaksi hewan dan satwa liar dengan lingkungannya. Gaji tahunan peneliti yang kerap membuat laporan ilmiah ini bisa mencapai 59.680 dolar AS, terutama di negara-negara seperti Maryland, Connecticut, dan Rhode Island.

3. Peternak

Jangan memandang sebelah mata para peternak, karena pekerjaan memilih dan membiakkan hewan sesuai dengan karakteristik dan silsilahnya ini juga dapat menghasilkan banyak uang. Peternak sukses di Ohio, South Dakota, dan Kentucky, misalnya, mampu mendapatkan kisaran penghasilan antara 20.430 sampai 75.210 dolar AS per tahun.

4. Pelatih hewan

Pelatih hewan bertugas melatih hewan untuk patuh saat ditumpangi, menampilkan atraksi, membantu orang berkebutuhan khusus, dan membuat hewan menjadi lebih nyaman saat berinteraksi dengan manusia. Bayaran tertinggi pelatih hewan bisa mencapai 57.170 dolar AS per tahun.

5. Petugas pengawas hewan

Petugas di lembaga pengendalian hewan sebenarnya tak sekejam seperti yang ditampilkan di film-film. Mereka justru berperan memastikan perawatan yang tepat bagi hewan, menyelidiki kasus penganiayaan hewan, dan menemukan binatang yang ditinggalkan, dengan kisaran gaji antara 20.830 sampai 53.190 dolar AS per tahun.

6. Pengasuh hewan peliharaan

Tak hanya manusia yang butuh diasuh, hewan peliharaan juga punya pengasuh khusus saat pemiliknya sibuk atau bepergian. Pekerjaan ini pun dapat menghasilkan banyak uang, dengan gaji tahunan tertinggi hingga 34.780 dolar AS per tahun, apalagi di negara-negara seperti Hawaii, California, dan Rhode Island.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement